SMP

Urutan peredaran darah kecil manusia adalah … ?

Urutan peredaran darah kecil manusia adalah ….undefined 

A. Jantung – arteri paru-paru – vena paru-paru – jantungundefined
B. Bilik kiri – vena paru-paru – paru-paru – serambiundefined
C. Jantung – arteri tubuh – vena tubuh – jantungundefined
D. Bilik kiri – arteri paru-paru – kapiler paru-paru – vena paru-paru – serambi kanan

Pembahasan

Sistem peredaran darah adalah sistem yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan zat makanan ke seluruh tubuh. Sistem peredaran darah pada manusia tersusun oleh jantung dan pembuluh darah. Sistem peredaran darah manusia bersifat tertutup ganda. Peredaran darah tertutup artinya darah mengalir melalui pembuluh darah di dalam tubuh manusia. Peredaran darah ganda berarti artinya dalam satu kali peredaran, darah melalui jantung sebanyak 2 kali. Sistem peredaran ganda terdiri atas sistem peredaran darah kecil dan sistem peredaran darah besar.

  1. Sistem peredaran darah kecil, yaitu sistem peredaran darah dari jantung – paru-paru – jantung. Darah yang miskin oksigen dari bilik kanan jantung keluar melalui arteri pulmonalis menuju ke paru-paru. Di alveolus, terjadi difusi gas karbon dioksida dan oksigen. Karbon dioksida akan berdifusi dari kapiler darah menuju alveolus, sedangkan oksigen akan berdifusi dari alveolus menuju kapiler darah. Darah kemudian akan mengalir ke vena pulmonalis kemudian menuju ke serambi kiri jantung.
  2. Sistem peredaran darah besar, yaitu sistem peredaran darah dari jantung – seluruh tubuh – jantung. Darah kaya oksigen dari bilik kiri akan keluar melalui aorta dan mengalir ke percabangan arteri berbagai organ dan jaringan tubuh, kecuali jantung dan paru-paru. Di dalam jaringan tubuh, terjadi difusi oksigen dan zat makanan. Setelah itu, darah menuju venula kemudian vena dan kembali ke serambi kanan jantung.

Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari jantung (bilik kanan) – arteri paru-paru – vena paru-paru – jantung.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button