SMA

Krisis politik di Indonesia pada tahun 1997 ditandai dengan?

Krisis politik di Indonesia pada tahun 1997 ditandai dengan?

Pembahasan

Krisis politik tahun 1997 ditandai dengan adanya konflik internal di dalam PDI serta adanya tuntutan masyarakat yang menginginkan reformasi baik dalam pemerintahan maupun kehidupan masyarakat yang merasa bahwa pemerintahan terlalu berat sebelah dan otoriter.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Orde Baru mulai menunjukkan tanda-tanda keruntuhannya sejak adanya krisis politik di tahun 1997. Krisis politik tersebut ditandai dengan adanya konflik dalam tubuh partai Demokasi Indonesia (PDI) antara kelompok pendukung Suryadi (Ketua Umum, Kongres Medan 1996) melawan kelompok pendukung Megawati (Ketua Umum, Munas Jakarta 1993). Konflik ini mencapai puncaknya pada pasca Kongres IV PDI di Medan tanggal 20 Juni 1996. Dalam konflik tersebut, masyarakat juga menuntut adanya reformasi baik di dalam kehidupan masyarakat maupun pemerintahan Indonesia.

Di dalam kehidupan politik, masyarakat beranggapan bahwa tekanan pemerintah pada pihak oposisi sangat besar, terutama terlihat pada perlakukan keras terhadap setiap orang atau kelompok yang menentang atau memberikan kritik terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil atau dilakukan oleh pemerintah. Selain itu, masyarakat juga menuntut agar ditetapkannya pembatasan masa jabatan presiden.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also
Close
Back to top button