Trading / Investasi

Ini Dia 6 Pertanyaan Seputar Saham yang Sering Ditanyakan

Perkembangan teknologi dalam bidang ekonomi memang begitu pesat. Hal ini bahkan dapat dilihat dengan jelas melalui pertumbuhan investasi serta trading khususnya dalam aspek saham. Tidak heran bila pada akhirnya mulai banyak masyarakat yang mengajukan pertanyaan seputar saham untuk bisa melakukan investasi maupun trading.

Berbagai macam pertanyaan pun pada akhirnya sering dilontarkan untuk memahami lebih mendalam tentang saham. Namun, sebenarnya apa saja sih pertanyaan yang seringkali dipertanyakan oleh seorang pemula? Berikut ulasannya:

1. Berapa Modal untuk Melakukan Investasi Saham?

Pertanyaan seputar saham yang paling sering ditanyakan oleh masyarakat sebagai pemula untuk melakukan investasi ataupun trading adalah modal. Satu pertanyaan ini sering ditanyakan untuk kemudian memperkirakan pengeluaran biaya untuk membeli saham.

Namun, pada dasarnya untuk mengetahui modal awal dari membuka rekening efek seperti ini haruslah terlebih dahulu bergabung dalam suatu broker. Hal ini perlu dilakukan karena setiap broker pada dasarnya akan memiliki nilai nominal yang berbeda.

2. Bagaimana Caranya Melakukan Investasi Saham?

Bagaimana caranya investasi saham juga menjadi pertanyaan awam yang seringkali dilontarkan. Pada dasarnya untuk melakukan investasi saham, seseorang haruslah terlebih dahulu membuka rekening saham. Nantinya rekening ini dapat dibuat pada perusahaan sekuritas.

Seseorang yang mendaftarkan identitas untuk dapat melakukan transaksi investasi saham ini nantinya akan mendapatkan formulir pendaftaran secara online. Melalui perusahaan sekuritas inilah nantinya transaksi jual beli saham dapat dilakukan. Biasanya juga akan ada panduan yang menyertai pada setiap perusahaan sekuritas untuk pemula.

3. Bisakah Saham Dijadikan Pendapatan Utama?

Tidak sedikit masyarakat awam yang pada akhirnya mempertanyakan tentang kemampuan saham menjadi pendapatan utama. Apalagi bila melihat banyaknya media serta influencer yang sukses melalui investasi ataupun trader saham.

Pada dasarnya melakukan investasi ataupun trader saham memang bisa menjadi pemasukan yang besar dan bisa digunakan untuk mencukupi keperluan harian. Namun, untuk bisa menjadikan kegiatan ekonomi ini sebagai pendapatan utama tentu saja diperlukan berbagai pertimbangan finansial yang matang.

4. Lebih Baik Melakukan Investasi Saham atau Trading Saham?

Pertanyaan seputar saham berikutnya adalah tentang manakah yang lebih baik antara investasi saham atau trader saham. Dua kegiatan ekonomi ini pada dasarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari time frame serta aspek dalam menjalankannya.

Seperti yang diketahui bahwa investasi saham sendiri cenderung memiliki tujuan untuk jangka panjang. Hal inilah kemudian yang membedakan dengan trader yang cenderung memiliki time frame dalam jangka lebih pendek. Pemilihan antaran melakukan investasi ataupun trader ini pun juga bisa dilihat melalui kemampuan seseorang.

5. Kapankah Saat Tepat untuk Membeli Saham?

Saat yang tepat untuk membeli saham juga menjadi pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh sebagian besar trader maupun investor pemula. Pada dasarnya untuk mendapatkan waktu yang tepat untuk membeli saham akan ada 2 waktu utama.

Saham yang berada dibawah nilai sebenarnya serta pada saat sedang mengalami penurunan harga saham. Namun, apabila kedua waktu itu tidak didapatkan maka, melakukan analisis secara teknikal serta fundamental juga bisa menjadi waktu yang tepat.

6. Apa Untungnya Membeli Saham?

Tentunya keuntungan memiliki juga menjadi hal yang cukup sering dipertanyakan. Apabila membahas tentang keuntungan secara umum maka, keuntungan yang bisa didapatkan bila memiliki saham adalah mendapatkan deviden dari perusahaan bersangkutan. Tentunya capital gain dari proses penjualan saham juga menjadi keuntungan lain yang bisa diperoleh.

Bila melihat dari keuntungan secara garis besarnya, saham pun juga bisa menjadi satu aset berharga yang dapat digunakan dalam jangka panjang. Hal ini bisa diperoleh bila seseorang melakukan investasi saham. Kepemilikan saham suatu perusahaan ini tentunya juga akan menjadi aset yang menguntungkan bila perusahaan terus mengalami perkembangan positif.

Nah, itulah tadi 6 pertanyaan seputar saham yang seringkali dipertanyakan oleh trader maupun investor pemula. Tidak jarang orang awam juga akan menanyakan hal ini untuk mengetahui keuntungan yang bisa diperoleh dari saham. Mempertanyakan suatu hal tentang saham pada dasarnya memang penting untuk kemudian mendapatkan jawaban. Hal ini penting untuk memahami terlebih dahulu sebelum kemudian melakukan investasi ataupun trading.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button