Trading / Investasi

Belajar Dasar Trading Pemula dan Istilah yang Sering Muncul Saat Trading

Trading memang banyak dilakukan oleh para pengusaha dengan tujuan untuk melakukan pertukaran. Dimana pertukaran yang dilakukan ini dapat berupa mata uang dari berbagai negara. Namun sebelum melakukan trading, seseorang sebaiknya belajar dasar trading pemula terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak bingung pada saat melakukan trading.

Dasar-dasar Trading

Sebagai seorang pemula tentu belum mengetahui banyak terkait trading sehingga harus belajar dasar trading pemula. Maka dari itu, pemula sangat penting untuk mengetahui dasar-dasar dari kegiatan ini. Dengan tujuan agar tidak bingung saat trading nantinya. Adapun dasar-dasar trading yang wajib diketahui oleh pemula sebagai berikut:

1. Menggunakan Limit Order dan Limit Price

Limit Order dapat dikatakan sebagai sebuah fitur yang diterapkan dalam kegiatan trading untuk dijadikan batasan dari kuantitas aset. Dimana kegunaan dari limit order ini untuk membeli atau menjual dengan harga yang telah ditentukan. Dengan kata lain, seseorang bisa menjual atau membeli dengan harga rendah atau tinggi dari harga pasar saat ini.

Berbeda halnya dengan Limit Price yang diartikan sebagai fitur untuk menentukan harga sendiri. Dimana para trader bisa menentukan sendiri harga penjualan maupun pembelian aset. Dengan begitu, penentuan harga ini tidak berdasarkan dengan harga pasar namun berdasarkan dengan keinginan para trader. Nantinya trader bisa memberikan harga tinggi atau rendah sesuai keinginan.

2. Membuat Dompet Aset Digital

Kegiatan pembuatan dompet aset digital ini tentu dilakukan sebelum trader memulai trading. Nantinya trader akan diarahkan untuk membuat dompet ini setelah memilih platform exchange. Dalam pembuatannya, trader bisa memanfaatkan kartu kredit maupun rekening bank yang dimiliki. Tujuan pembuatan dompet ini untuk melihat saldo aset yang dimiliki.

Platform exchange ini memang sudah banyak disediakan sehingga para trader bisa memilih salah satunya. Selain itu, platform ini memang dirancang dengan desain tampilan yang cukup simpel dengan tujuan agar nyaman digunakan trader. Memang sangat banyak kelebihan yang dimiliki jika menggunakan platform exchange karena bisa melacak aset kripto.

3. Menjadikan Rencana Stop Loss Sebagai Strategi

Ada juga dasar-dasar dari trading yakni membuat strategi yang akan digunakan saat trading nantinya. Memang setiap kali memasuki dunia perdagangan digital tentu harus mempunyai rencana. Dimana rencana yang dimaksud ini adalah rencana stop loss yang akan dijadikan sebagai strategi trading. Dalam rencana tersebut berisi terkait harga masuk dari pembelian aset.

Bukan hanya itu, namun ada juga level Stop Loss yang dimiliki trader saat ini dan menentukan harga target yang diinginkan. Ada juga yang dinamakan Sell Stop Loss yang akan digunakan untuk mitigasi resiko. Memang adanya Stop Loss dapat memberikan notifikasi kepada trader kapan waktu yang baik untuk menarik diri dari penjualan.

Istilah Dalam Trading

Setelah mengetahui dasar-dasar yang dimiliki trading, tentu pemula juga harus mengetahui istilah yang kerap kali digunakan. Memang ada beragam istilah dalam trading yang harus diketahui trader sebelum memulai trading. Maka dari itu, berikut penjelasan terkait dengan istilah dalam trading yang perlu diketahui oleh trader:

1. Margin

Margin ini termasuk istilah yang digunakan trader dalam menentukan nominal modal yang akan digunakan. Selain itu, margin ini juga mempunyai dua jenis yakni free dan used. Free margin ini diartikan sebagai nominal dana yang terdapat dalam akun trader. Sedangkan used margin sendiri merupakan nominal dana yang akan digunakan untuk bertahan.

2. Liquidate

Liquidate atau likuidasi ini digunakan pada saat menutup posisi terbuka dari sebuah kontrak yang dilakukan trader. Dengan kata lain, kontrak buy akan ditutup dengan sell kontrak atau sebaliknya. Melakukan likuidasi ini sangat penting untuk dilakukan agar dapat mempertahankan posisi trading yang dimiliki saat ini.

3. Spread dan Sideways

Istilah spread dapat diartikan sebagai perbedaan harga jual maupun beli dari pasangan mata uang yang dijadikan aset. Berbeda dengan istilah sideways yang digunakan dalam kondisi tertentu. Dimana kondisi yang dimaksud ini adalah kondisi pasar yang tidak bergerak aktif terhadap naik atau turun nya. Maksudnya, pergerakan harga pasar sangat terbatas.

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan dasar-dasar dari trading yang harus diketahui utamanya pemula. Memang belajar dasar trading pemula sangat penting untuk dilakukan sebelum memulai kegiatan trading. Beragam pula istilah yang kerap kali digunakan para trader saat melakukan trading di pasar digital ini.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button