Trading / Investasi

Apa Bedanya Trading dan Saham? Berikut Ulasan Lengkapnya

Trading dan saham memang mempunyai kesamaan yakni dapat memberikan keuntungan bagi setiap orang yang melakukannya. Namun kedua kegiatan ini tentunya juga mempunyai perbedaan yang harus diketahui seseorang. Dimana bedanya trading dan saham memang masih jarang diketahui oleh seseorang. Selain itu, perbedaan mendasar dari keduanya dapat dilihat dari karakteristiknya.

Selain itu, trading dan saham ini memang sangat menjanjikan sehingga sangat kecil untuk memungkinkan terjadinya kerugian. Bahkan ada yang melakukan trading dan investasi saham dalam jangka waktu yang panjang loh. Namun apa sebenarnya perbedaan dari keduanya? Untuk menemukan jawabannya bisa menyimak artikel kali ini!

Trading

Untuk segi pengertian tentunya sangat berbeda antara trading dan saham. Trading sendiri mempunyai pengertian yakni sebuah kegiatan pertukaran aset yang dimiliki secara online. Memang proses transaksi yang dilakukan dalam kegiatan trading ini hanya secara online saja. Dengan begitu, para trader tidak perlu untuk keluar rumah jika ingin melakukan trading.

Tujuan yang dimiliki dari trading itu sendiri adalah untuk mengumpulkan sebuah keuntungan. Proses pengumpulan keuntungan ini diperoleh dari selisih harga baik harga penjualan maupun dari harga pembelian. Selain itu, selisih harga ini kerap kali dijadikan sebagai momen untuk melakukan penjualan aset yang dimiliki.

Adapun manfaat dari kegiatan trading ini untuk melakukan pembelian maupun penjualan di mana saja. Sebab kegiatan trading hanya dapat dilakukan secara online sehingga tidak mempunyai tempat khusus. Bahkan kegiatan ini dapat dilakukan dari rumah sehingga seseorang tidak perlu lagi untuk keluar rumah apalagi jika melihat keadaan saat ini.

Karakteristik Trading

Sebelum seseorang melakukan trading sebaiknya mengenali karakteristiknya. Dimana karakteristik yang dimiliki ini bertujuan agar trader mengetahui bedanya trading dan saham. Memang karakteristik yang dimiliki dari trading ini sangat berbeda dengan saham sehingga harus dipahami karakteristik keduanya. Adapun karakteristik dari trading ini sebagai berikut:

  • Bersifat fluktuatif sehingga harus mengetahui faktor pergerakannya.
  • Memperoleh keuntungan dari selisih harga aset.
  • Mempunyai waktu khusus untuk melakukan trading.
  • Dapat dilakukan secara online atau dari rumah.
  • Bisa melakukan transaksi berdasarkan kondisi pasar.
  • Mempunyai resiko yang lebih tinggi jika salah memilih waktu trading.
  • Bisa trading dalam jangka yang pendek.
  • Mempunyai biaya transaksi yang diperuntukkan bagi para trader.
  • Menyediakan banyak metode pembayaran.

Saham

Pengertian dari saham itu sendiri yakni surat berharga yang dimiliki dalam sebuah perusahaan yang didirikan. Memang setiap perusahaan harus mempunyai saham untuk memperoleh keuntungan. Selain itu, isi dari surat ini mencantumkan nama perusahaan dan badan hukum yang diterapkan. Intinya, saham ini mempunyai sifat kepemilikan.

Saham mempunyai tujuan sebagai alat yang dapat digunakan untuk mengantisipasi pengambilalihan. Hal ini disebabkan karena isi dari saham tersebut mencantumkan nama dari pemilik dan perusahaannya. Maka dari itu, peluang pengambilalihan tentu cukup sulit dilakukan sebab adanya nama pemilik yang tertera pada saham.

Sedangkan manfaat yang dimiliki dari saham tersebut tentunya beragam. Dimana manfaat yang dimiliki seperti dividen dan capital gain. Untuk dividen sendiri tentunya keuntungan diperoleh perusahaan dan harus dibagikan ke pemegang saham. Berbeda dengan capital gain yang memberikan keuntungan dari penjualan saham yang dilakukan.

Karakteristik Saham

Melihat karakteristik yang dimiliki dari kegiatan trading memang dapat disimpulkan jika keuntungan yang diperoleh dari selisih harga. Namun berbeda dengan saham yang keuntungannya memang bisa diperoleh dari hasil penjualan saham tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian terkait dengan karakteristik dari saham yang harus dipahami:

  • Keuntungan diperoleh dari penjualan saham.
  • Keuntungan yang diperoleh harus dibagikan ke pemegang saham.
  • Mempunyai hak suara bagi pemegang saham untuk memilih dewan komisaris.
  • Perusahaan berhak untuk menerbitkan saham yang baru.
  • Mempunyai tanggung jawab yang terbatas.
  • Selama perusahaan mempunyai laba maka dividen tetap dibayar.
  • Lebih memprioritaskan tagihan aktiva dan pendapatan yang diperoleh.

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan apa bedanya trading dan saham yang dilihat dari berbagai segi. Memang perbedaan keduanya sangat mendasar apalagi jika dilihat dari segi pengertian. Maka dari itu, sebelum memilih antara trading dan saham sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan yang dimiliki.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button