Trading / Investasi

Tata Cara Membeli Saham Unilever Dengan Mudah

Pada dasarnya investasi dalam instrumen saham memang menjadi favorit bagi sejumlah orang. Hal tersebut lantaran beberapa hal yang menjadi keunggulan dari saham itu sendiri. Satu dari beberapa saham yang diminati adalah saham Unilever. Hingga untuk itu para pelaku investasi perlu mengetahui cara membeli saham Unilever supaya nantinya tidak bingung di kemudian hari saat menjalankannya.

Sejumlah orang memilih Unilever dikarenakan beberapa hal yang menjadi letak keunggulan dari produk perusahaan tersebut. Bahkan dapat dikatakan bahwa Unilever ini mencakup sejumlah produk maupun pabrik ternama. Di samping itu Unilever juga telah berhasil membawa pulang berbagai macam penghargaan bergengsi. Berikut daftar tata cara melakukan pembelian terhadap saham milik Unilever:

1. Melakukan Pemilihan Perusahaan Sekuritas

Yang dinamakan dengan perusahaan sekuritas ini dapat juga disebut dengan nama broker dalam hal investasi. Hal ini dikarenakan para pelaku investasi tidak dapat melakukan pembelian saham dengan cara langsung pada suatu kantor yang telah masuk dalam daftar BEI. Melainkan para pelaku investasi terlebih dahulu perlu melakukan pemilihan terhadap perusahaan sekuritas maupun broker.

Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan supaya dana yang dijadikan investasi oleh para investor tergolong aman. Serta cara ini juga dapat dilakukan guna meminimalisir terjadinya tindakan penipuan yang dialami oleh investor. Nantinya para pelaku dunia investasi dapat memaksimalkan investasi yang dilakukan. Hingga juga dapat memperkecil terjadinya resiko yang ada.

2. Melakukan Pembukaan Rekening Saham dan RDN

Jika investor telah berhasil melakukan pemilihan kiranya mana broker saham yang dianggap terbaik yang bakal dipilih untuk menunjang kegiatan investasi. Maka langkah selanjutnya sebagai tata cara membeli saham Unilever yaitu dengan melakukan pembukaan rekening saham beserta RDN. Dimana istilah yang sering disebut dengan RDN ini dapat diartikan sebagai Rekening Dana Nasabah.

Dalam hal ini investor perlu mengetahui bahwasanya RDN sendiri memiliki fungsi yaitu untuk membantu dalam melakukan penyimpanan dana nasabah yang dipakai untuk investasi. Entah itu dana yang dipergunakan oleh investor untuk melakukan pembelian saham maupun dana hasil investasi atau penjualan saham yang dilakukan. Sedangkan rekening saham itu merupakan rekening yang dipakai untuk transaksi saham.

3. Melakukan Setoran ke Rekening Saham

Tahap berikutnya untuk tata cara melakukan pembelian saham Unilever yaitu melakukan pembayaran setoran dari investor yang hendak dijalankan. Tentunya tahap ini mampu dilakukan ketika investor telah mempunyai rekening saham guna melakukan penyebaran dana tersebut. Nantinya nasabah atau investor mampu melakukan pembelian saham dengan ukuran per satu slot.

Dimana dalam setiap ukuran satu slot saham dari perubahan Unilever ini akan berisi 100 lembar saham. Dengan perkiraan per lembar saham mencapai nominal 5 ribu rupiah lebih. Perlu diketahui bahwa harga saham ini alam terus mengalami perubahan. Bisa mengalami kenaikan atau justru penurunan. Apabila dana setoran telah dilakukan pembayaran oleh nasabah, maka nantinya akan dilakukan settlement.

4. Melakukan Pembelian Saham Unilever

Langkah berikutnya setelah nasabah melakukan pembayaran setoran adalah dengan membeli saham dari Unilever itu sendiri. Nantinya nasabah dapat melakukan pembelian saham tersebut menggunakan cara online yang dinilai lebih praktis dan tidak ribet. Mengingat belakangan ini muncul cukup banyak aplikasi pembelian saham dengan cara online.

Akan tetapi sebelum memutuskan untuk membeli alangkah baiknya jika nasabah perlu melakukan mengetahui kode dari saham Unilever lantaran bakal membeli saham tersebut. Selanjutnya investor dapat mengetahui besaran harga saham melalui bagian penjualan maupun penawaran. Jika investor hendak melakukan pembelian dengan cara efektif, maka investor bisa memakai harga yang sama dengan yang terdapat pada tampilan.

5. Investor Sudah memiliki 1 Slot Saham Unilever

Jika investasi telah menjalankan sejumlah langkah yang diuraikan sebelumnya. Maka dengan otomatis nantinya investor telah memiliki saham Unilever sebanyak 1 Slot. Yang artinya sama dengan 100 lebih saham. Perlu investor ketahui jika ingin saham yang dimiliki mampu menghadirkan profit yang maksimal. Maka investor perlu dengan rajin menjalankan analisis fundamental.

Demikian ulasan mengenai tata cara membeli saham Unilever dengan mudah. Ulasan di atas kiranya penting diketahui terutama bagi investor yang berminat melakukan pembelian saham dari Unilever. Hal tersebut tak mengherankan mengingat Unilever sendiri merupakan perusahaan yang banyak dikenal memiliki prestasi yang beragam. Selain itu saham dalam Unilever juga termasuk dalam saham dalam kategori blue chip.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button