Trading / Investasi

Ketahui Harga Emas Antam Per gram untuk Memulai Investasi

Bentuk investasi yang banyak digemari saat ini adalah emas, karena lebih minim resiko kerugian dan dianggap lebih aman. Banyak orang rutin memeriksa harga emas Antam per gram. Terlebih, emas jenis Antam termasuk murni dan nilai ekonominya tinggi. Meski begitu, pembelian emas tidak dapat dilakukan sembarangan. Berikut hal-hal yang penting untuk diperhatikan sebelum membelinya:

Seputar Emas Antam

Perusahaan Aneka Tambang, yang bergerak di bidang penambangan menghasilkan emas batangan yang dinamakan dengan emas Antam. Besaran pecahan yang dihasilkan dari emas batangan ini cukup bervariasi. Untuk keperluan berinvestasi, emas yang dihasilkannya tersedia dalam bentuk mulai 1 gram.

Angka tertinggi untuk emas batangan yang tersedia adalah 100 gram. Saat ini, emas yang diproduksi oleh Antam memakai sertifikat chip. Emas ini kemudian dicetak menggunakan press disertai laminasi. Melalui sertifikat serta laminasi yang dinilai berkualitas baik, emas yang dihasilkan Antam berhasil diakui London Bullion Market Association.

Kadar emas yang terkandung dalam hasilnya adalah 99% lebih, sehingga nyaris sepenuhnya murni. Harga emas antam per gram sendiri terus mengalami perubahan setiap harinya. Data terakhir pada 26 Februari menunjukkan nilainya adalah 969 ribu per gramnya. Angka ini dapat terus mengalami kenaikan dan penurunan setiap harinya, namun bukan dalam skala yang besar.

Bagaimana Cara Berinvestasi dengan Emas Antam?

Bagi pemula yang baru saja mulai berinvestasi, emas Antam dapat menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, investasi jenis ini terbilang minim resiko. Namun tentunya perlu mengetahui seperti apa cara investasi yang tepat. Berikut ini ulasannya:

1. Pemilihan Vendor

Tentukan vendor yang tepat untuk melakukan pembelian emas Antam. Selain mengetahui harga emas Antam per gram, hal ini menjadi langkah yang tepat untuk diperhatikan. Disarankan untuk datang menuju kantor perwakilan Antam yang tersedia di kota masing-masing. Membelinya di sana lebih terjamin keasliannya, karena sertifikat bisa langsung terlihat jelas.

Dengan begitu, emas tersebut dapat dijual kapan pun sesuai kebutuhan. Hindari membeli di toko online yang belum jelas kredibilitasnya. Terlebih, sekarang banyak marketplace yang menjual Antam untuk pilihan investasi. Selama tokonya resmi, responsif, dan mendapatkan banyak penilaian baik, hal ini masih bisa dipertimbangkan.

2. Memperhatikan Tempat Penyimpanan

Pertimbangkan tempat yang digunakan untuk menyimpan emas. Hal ini karena, emas Antam murni memiliki ukuran sangat kecil sehingga rentan jatuh atau hilang. Untuk itu, perlu mempertimbangkan tempat yang aman untuk menyimpan emas ini. Misalnya di dalam plastik klip yang dimasukkan menuju brankas khusus disertai kode.

Jika tidak ingin repot menyimpannya sendiri, sekarang ada juga lembaga keuangan yang menawarkan jasa penyimpanan. Layanan ini sifatnya berbayar, sehingga perlu dipertimbangkan sesuai kemampuan.

3. Mencari Lembaga dengan Likuiditas Tinggi

Lembaga keuangan saat ini banyak yang menawarkan layanan berupa investasi emas. Sistemnya serupa dengan menabung, dimana nasabah tidak langsung mendapatkan emasnya dalam bentuk fisik. Emasnya akan disimpan di lembaga tersebut. Jika memerlukan uang, nasabah dapat langsung menjualnya dan tidak perlu bingung mencari toko emas.

4. Membuat Perencanaan Pembelian Berkala

Seperti yang sudah diketahui, harga emas Antam per gram bisa mengalami perubahan. Dengan mempertimbangkan hal ini dan kemungkinan lainnya, penting bagi investor untuk melakukan perencanaan untuk pembelian berkala. Contohnya, dalam satu dua bulan menargetkan penambahan emas sebesar 5 gram. Penambahan ini tentunya disesuaikan kemampuan.

Benar bahwa emas harganya relatif naik. Meski begitu, apabila jumlahnya kecil maka keuntungannya tidak akan seberapa walau nilai emasnya tidak berubah. Sama dengan berbagai hal dalam hidup, kondisi yang stuck (terus di titik yang sama) juga tidak membawa perubahan berarti. Buat perencanaan terkait pembelian emas secara bertahap namun konsisten. Hal ini akan menjadi kebiasaan dan tidak terlalu sulit lagi.

Itulah ulasan seputar investasi dengan emas Antam. Harga emas Antam per gram dapat mengalami perubahan setiap hari, namun angkanya tidak signifikan. Untuk itulah masyarakat perlu jeli dalam mengamati harga sebelum memutuskan yang paling menguntungkan.

Jenis investasi yang aman seperti emas sangat direkomendasikan untuk pemula sehingga dapat berkembang menjadi jauh lebih kompeten nantinya. Investasi dengan emas Antam lebih disukai karena resikonya kecil dan harganya relatif naik. Namun calon investor tetap wajib berhati-hati agar terhindar dari produk yang tak memiliki sertifikat.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button