Trading / Investasi

Ini 7 Keuntungan Membeli Saham yang Banyak Diburu!

Saham sebenarnya bukan instrumen investasi yang baru, melainkan sudah ada sejak berabad lamanya. Hanya saja, sudah makin banyak yang tahu dan paham tentang investasi saham ini. Banyaknya keuntungan membeli saham yang bisa diperoleh pun turut menarik minat investor baru.

Terlebih lagi, memiliki saham pada beberapa perusahaan yang berbeda bisa menjamin keamanan finansial. Dengan menginvestasikan uang pada saham, bisa menghindari inflasi sekaligus sebagai sebuah pendapatan pasif. Oleh karenanya, simak keuntungan yang bisa diperoleh dari membeli saham berikut ini:

1. Keuntungan Finansial yang Besar

Salah satu keuntungan membeli saham yang paling dicari adalah karena besarnya kemungkinan untuk memperoleh pendapatan besar. Biasanya, orang membeli saham saat harganya sedang turun. Kemudian, perlahan namun pasti, harganya pun akan meningkat.

Saat adanya peningkatan harga inilah, pemilik saham akan memperoleh keuntungan. Keuntungan yang diperoleh pun bisa lebih berlipat lagi jika saham dijual saat harganya sedang tinggi. Dibandingkan dengan jenis investasi lainnya seperti deposito, emas, ataupun properti, membeli saham jelas memiliki keuntungan finansial tertinggi.

2. Aman dari Inflasi

Inflasi terjadi ketika harga suatu barang meningkat drastis. Adanya inflasi ini ditandai dengan peredaran uang dalam jumlah yang besar pada masyarakat. Penyebab terjadinya inflasi ini pun beragam, mulai dari tingginya harga produksi sampai dengan tingkat permintaan konsumen yang besar.

Apabila seseorang sudah berinvestasi pada saham, berarti jumlah uang yang dimilikinya berkurang, karena telah berubah dalam bentuk saham tersebut. Oleh karenanya, orang tersebut tidak akan begitu terpengaruh ketika terjadi inflasi.

3. Adanya Pendapatan Pasif

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, memiliki saham berarti bisa memperoleh pendapatan pasif. Pendapatan pasif adalah ketika seseorang mendapatkan pemasukan finansial tanpa harus bekerja secara langsung. 

Ketika seseorang memiliki saham sebuah perusahaan tertentu, maka orang tersebut akan memperoleh semacam bagi hasil. Besaran yang diperoleh akan tergantung pada jumlah saham yang dimiliki. Semakin besar nilai sahamnya, maka akan semakin besar pula keuntungan perusahaan yang akan diperoleh.

4. Mudah Diperjualbelikan

Saham termasuk dalam bentuk instrumen investasi yang mudah untuk diperjualbelikan. Terlebih jika perusahaan sudah masuk dan terdaftar di bursa saham, maka proses jual beli sahamnya pun akan semakin mudah. 

Orang hanya butuh untuk masuk ke platform bursa saham dan membeli saham perusahaan yang diinginkan atau menjual saham yang dimiliki. Dibandingkan dengan investasi properti, berinvestasi dengan saham jelas lebih mudah proses jual belinya.

5. Modal yang Dibutuhkan Murah

Jangan dikira saham hanya bisa dibeli oleh orang yang punya banyak uang saja, karena nyatanya saham pun bisa diperoleh meski modal minim. Jika benar melakukannya, uang 50 ribu bisa diinvestasikan pada saham dan memperoleh keuntungan yang berlipat. Hasil keuntungan yang diperoleh pun bisa diputar untuk membeli saham yang lain lagi.

6. Bisa Memiliki Saham di Banyak Perusahaan Berbeda

Tidak ada patokan bahwa seseorang hanya boleh memiliki satu atau dua jenis saham tertentu saja. Orang bisa saja memiliki saham di 10 perusahaan sekaligus atau bahkan lebih. Jumlah saham yang dimiliki juga tidak harus langsung dalam jumlah besar. 

Memiliki portofolio saham dengan diversity juga akan terlihat lebih baik. Terlebih lagi memiliki banyak saham yang berbeda akan lebih aman untuk investasi saham. Jika salah satu saham yang dimiliki mengalami penurunan nilai, masih ada saham yang lainnya.

7. Rasa Ikut Memiliki Sebuah Perusahaan

Tidak sedikit orang yang membeli saham suatu perusahaan karena menyenangi produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Ketika mengenakan atau hanya sekedar melihat iklan produk dari perusahaan, akan muncul rasa kebanggaan karena turut memiliki saham di sana.

Ada banyak contoh kasus terkait hal ini, seperti ketika sebuah perusahaan hiburan dari Korea Selatan go public. Para penggemar langsung terburu-buru berebut membeli saham perusahaan, meski minim pengetahuan mengenai bagaimana cara bermain saham.

Banyaknya keuntungan membeli saham menjadikan orang tertarik untuk turut berinvestasi dengan instrumen ini. Hanya saja, jangan asal sekedar membeli saham hanya karena mudah dilakukan dan menawarkan keuntungan finansial yang fantastis. Pelajari juga resiko yang bisa saja ditemui serta strategi yang tepat untuk bermain saham.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button