Trading / Investasi

Apa Itu Crypto Currency? Ini Penjelasannya!

Semakin berkembangnya zaman, komponen keuangan juga semakin berubah. Saat ini, masyarakat sudah mulai bersinggungan dengan yang namanya crypto currency. Lalu, apa itu crypto currency jika dilihat dari definisinya? Bagi yang masih awam dengan produk ini, pasti akan menanyakan tentang pengertiannya secara mendetail.

Cypto currency adalah suatu bentuk mata uang. Namun, bentuk mata uang ini berbeda dengan mata uang pada umumnya. Selain itu, dalam penggunaannya juga ada beberapa kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahui detail pentingnya, maka harus menyimak semua pembahasan mendetail yang ada di bawah ini:

Definisi Crypto Currency

Untuk menjawab pertanyaan apa itu crypto currency, maka definisinya harus dipahami secara mendasar. Crypto currency adalah suatu bentuk mata uang yang masuk dalam golongan virtual. Jadi, mata uang ini tidak ada secara nyata dan hanya bisa ditemukan dalam dunia maya. Namun, proses transaksi tetap bisa dilakukan dengan konsep dan ketentuan tertentu.

Sebenarnya, jenis mata uang digital semacam ini sudah lama ada. Namun untuk tingkat kepopuleran tertinggi, terjadi pada masa sekarang. Banyak trader atau investor yang mulai memanfaatkan aset ini sebagai pilihan. Hal ini tentunya dilakukan setelah pemahaman tentang konsep kerjanya dipahami dengan baik.

Cara kerja crypto ini juga tergolong sederhana. Tidak ada lembaga khusus yang mengurus atau mengendalikannya. Semua tergantung dari pihak yang meluncurkan, dan pihak penggunaannya. Jadi, semua transaksi yang dilakukan menjadi tanggung jawab pihak terkait dan tidak ada pihak bank sentral yang menjadi tumpuan.

Sedangkan untuk jenisnya, tentu ada beberapa pilihan khusus yang menarik untuk diketahui. Kalau berbicara tentang jenis mata uang crypto, pasti sudah familiar dengan yang namanya bitcoin. Namun sebenarnya, bitcoin bukan satu-satunya jenis yang sudah beredar. Untuk mengetahui apa saja jenis yang bisa dipilih dan dipakai, inilah daftarnya:

  • Bitcoin
  • Cardani
  • Degocoin
  • Ethereum
  • Litecoin
  • Binance coin

Kiat Menggunakan Crypto

Lalu apakah ada kiat khusus sebelum menggunakan crypto sepenuhnya? Bagi yang ingin menggunakan aset ini untuk trading dan sejenisnya, maka harus tahu dulu ragam istilah yang ada di dalam proses transaksinya. Untuk beberapa daftar yang paling mendasar, berikut beberapa istilahnya:

  • Market bear: istilah yang dipakai saat terjadi penurunan pasar.
  • Bull market: ungkapan yang dipakai jika terjadi kenaikan pasar.
  • Pump and dump: penggambaran strategi yang sedang dilakukan oleh investor terkait.
  • Whale: istilah untuk trader pemilik crypto dengan jumlah yang banyak.

Keunggulan dan Kekurangan Penggunaan Crypto Currency

Pada penerapannya, crypto currency ini juga memiliki keunggulan dan kekurangan dalam pemakaiannya. Hal ini harus dipahami secara mendasar oleh semua pengguna. Jika akan trader dengan aset ini, maka keunggulan dan kekurangan akan berperan penting dalam pengambilan keputusan yang akan dilakukan.

Jika melihat dari keunggulannya, maka ada beberapa poin yang bisa disoroti. Melalui keunggulan ini, pengguna atau calon trader bisa semakin yakin untuk memanfaatkan crypto secara menyeluruh. Penasaran apa saja keunggulan yang bisa dirasakan tiap pengguna? Simak daftarnya berikut ini secara mendetail:

  • Sifat crypto universal, sehingga dikenali banyak pihak di seluruh dunia dan bisa dimanfaatkan tanpa syarat khusus.
  • Transaksi crypto tergolong mudah dan cepat tanpa harus memakai prosedur yang rumit.
  • Transparansi crypto termasuk yang jelas dan tidak ditutup-tutupi dari berbagai aspeknya.
  • Bagi trader yang ingin memanfaatkannya, maka bisa mengendalikan sendiri.

Namun selain keunggulan, penggunaan crypto currency ini juga memiliki kekurangan. Komponen kekurangan ini tentunya harus dipahami semua calon penggunanya. Jika sudah mengetahui semua kekurangannya dengan baik, maka akan mudah untuk mencari solusi. Inilah daftar kekurangan yang ada:

  • Penggunaan crypto currency rawan kejahatan karena termasuk produk digital.
  • Apabila penggunanya lupa sandi, maka uang yang dimiliki bisa hilang.
  • Sering kali disebut sebagai aset ilegal dan tidak bisa diperjualbelikan. Hal ini terjadi di beberapa negara tertentu.

Itulah penjelasan mengenai crypto currency secara menyeluruh. Jika ada yang bertanya apa itu crypto currency, maka jawabannya sudah jelas pada pembahasan di atas. Bagi yang ingin memanfaatkan aset crypto, maka harus paham dulu apa saja komponen krusial yang ada di dalamnya. Dengan demikian, maka penggunaannya bisa lebih aman.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button