Trading / Investasi

Ini Dia Daftar Saham BlueChip Terbaik 2022

Bagi seorang investor, tentunya memilih saham yang tepat untuk melakukan investasi adalah hal penting yang harus dilakukan. Hal ini penting karena akan berkaitan dengan profit serta resiko yang terkait dengan saham yang dimiliki. Menilik dari sinilah kemudian daftar saham bluechip banyak menjadi rekomendasi saham terbaik untuk investor.

Saham jenis blue chip memang diklaim memiliki tingkat resiko yang lebih rendah bila dibandingkan dengan jenis saham lain. Hal ini karena adanya tingkatan tinggi dalam kapitalisasi yang dimiliki perusahaan dan keseimbangan isu fundamental dari perusahaan. Lalu apa saja daftar dari saham blue chip terbaik yang untuk investasi? Berikut 4 diantaranya:

Mengenal Karakteristik Blue Chip

Seperti yang diketahui bahwa daftar saham bluechip sendiri memang cukup banyak tersebar di seluruh dunia. Saham ini juga menjadi saham yang paling direkomendasikan khususnya bagi pemula. Hal ini berkaitan dengan kapitalisasi dan kestabilan dari perusahaan pemilik saham.

Inilah kemudian yang menjadikan saham blue chip memiliki tingkat resiko yang lebih rendah. Namun, tentunya sebelum melakukan pembelian pada jenis saham ini, akan lebih baik bila memahami karakteristik bluechip sebagai berikut:

1. Kapitalisasi Perusahaan yang Tinggi

Karakteristik pertama dari saham blue chip adalah kapitalisasi perusahaan yang tinggi. Pada saham bluechip, kapitalisasi dari perusahaan akan berada pada nilai diatas 10 triliun. Menilik dari sini tentu dapat dipastikan bahwa tingkat keuangan dari perusahaan juga selalu dalam keadaan stabil.

2. Kinerja Manajemen Perusahaan Solid

Kinerja dari manajemen perusahaan yang solid juga menjadi karakteristik utama dari saham blue chip. Sebuah perusahaan yang memiliki kinerja manajemen yang baik tentunya akan memiliki potensi perkembangan perusahaan yang baik pula. Hal inilah yang kemudian membuat saham blue chip berada pada daftar perusahaan berpotensi positif.

3. Pembagian Dividen

Bentuk karakteristik lain yang bisa menjadi keuntungan pemegang saham adalah adanya pembagian dividen yang utuh. Tentunya sebagai perusahaan dengan tingkat kapitalisasi dan perkembangan yang baik, deviden akan menjadi satu keuntungan yang diberikan kepada para pemegang sahamnya.

Saham Blue Chip Terbaik

Daftar saham bluechip ini sendiri memang cukup banyak tersebar di seluruh dunia. Hal ini tentunya menjadikan investor juga lebih mudah menentukan pilihan. Nah, berikut ini adalah 4 saham blue chip terbaik yang bisa digunakan untuk investasi:

1. BBRI

Saham blue chip pertama yang bisa dijadikan referensi adalah BBRI. Investor bisa menjadikan saham ini sebagai pilihan yang tepat karena memiliki potensi baik pada kapitalisasi serta manajemennya.

PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk ini juga menjadi salah satu perusahaan yang terus berkembang pesat dalam perekonomian. Tidak heran bila pada akhirnya BBRI menjadi salah satu saham favorit bagi investor khususnya untuk pemula.

2. AKRA

AKRA menjadi saham berikutnya yang cukup memungkinkan dan memiliki potensi baik untuk dapat dipilih sebagai saham investasi blue chip terbaik. Saham satu ini bahkan mampu mencatatkan nilai saham yang terus naik pada 2021 setelah sebelumnya mengalami penurunan.

Hal ini tentu menjadi satu potensi besar yang membuat saham ini cukup favorit untuk berinvestasi. Apalagi dengan potensi perkembangan dari perusahaan yang terus dikembangkan dengan baik.

3. UNVR

Tentunya Unilever juga akan menjadi rekomendasi saham blue chip terbaik yang bisa segera untuk dimiliki. Berbagai aspek penting dari perusahaan tentu menjadikan UNVR menjadi saham favorit dengan potensi perkembangan positif.

Apalagi dengan tingkat kinerja manajemen yang terus positif sehingga membuat perusahaan dapat bersaing dan berkembang dengan baik dalam dunia ekonomi. Kapitalisasi tinggi yang dimiliki oleh perusahaan ini tentunya juga menjadi satu hal positif lain yang membuat saham UNVR terus menjadi favorit.

4. TLKM

Rekomendasi saham blue chip terbaik berikutnya adalah TLKM. Perusahaan milik Telkom Indonesia ini memang menjadi saham favorit yang cukup banyak direkomendasikan. Khususnya bagi investor pemula yang baru belajar berinvestasi.

Itulah tadi sekilas tentang saham blue chip beserta dengan daftar saham bluechip terbaik yang bisa dijadikan referensi untuk melakukan investasi. Saham blue chip ini tentunya akan menjadi pilihan yang tepat bagi pemula yang masih belajar berinvestasi.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button