Trading / Investasi

Arti Withdraw Dalam Saham dan Persyaratan Melakukan Withdraw

Dalam melakukan sebuah trading saham memang tidak lepas dengan adanya istilah yang harus diketahui oleh trader. Dimana istilah yang dimaksud ini seperti withdraw. Memang masih banyak trader yang kurang mengetahui arti withdraw dalam saham. Maka dari itu, dalam artikel kali ini tentu akan dibahas tuntas terkait dengan arti kata tersebut.

Arti Withdraw dalam Saham

Pada dasarnya memang terdapat dua jenis definisi withdraw yang sangat wajib untuk diketahui oleh pemula yang akan melakukan trading saham. Untuk arti withdraw dalam saham yang pertama yakni diartikan sebagai aktivitas yang dapat dilakukan trader jika ingin membatalkan pembelian. Memang arti yang pertama ini bertujuan untuk membatalkan pembelian saham.

Namun berbeda dengan pengertian withdraw yang kedua yakni tindakan yang dapat dilakukan seorang trader dalam pencairan dana. Dimana dana yang telah dicairkan ini tentu sebelumnya telah dijadikan deposit oleh para trader untuk akun trading saham yang dimiliki. Melihat kedua pengertiannya memang ada sedikit perbedaan namun masih bisa diterapkan saat trading.

Bagaimana Pemanfaatan Withdraw dalam Trading Saham?

Seseorang yang melakukan trading saham ini memang mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan. Sehingga jika tujuan sudah dicapai tentu bisa memanfaatkan withdraw sebagai tujuan akhir. Dimana withdraw ini akan dimanfaatkan untuk mencairkan dana yang dimiliki setelah melakukan trading saham. Memang manfaat withdraw sebenarnya hanya untuk menikmati hasil trading.

Strategi Untuk Melakukan Withdraw

Seperti yang diketahui jika arti withdraw dalam saham memang ada dua namun kebanyakan dipakai untuk pencairan dana. Namun sebelum melakukan withdraw yang dimiliki trader, sebaiknya mengetahui bagaimana strategi yang terbaik dilakukan. Untuk itu, simak ulasan berikut terkait dengan strategi withdraw terbaik yang dapat dilakukan:

1. Menentukan Periode

Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menentukan periode. Dimana periode yang ditentukan ini tentu setiap bulan atau pun setiap minggu berdasarkan keinginan. Apabila seseorang telah memilih periode tertentu maka disarankan jangan mengubah periode tersebut. Meskipun tujuan awal yang ingin dicapai adalah untuk memperoleh keuntungan yang besar.

2. Berdasarkan Porsi

Nah, untuk menentukan porsi ini tentu harus mempunyai target nominal dari keuntungan yang ingin dimiliki. Dengan begitu, trader harus menentukan dalam perhitungan persen sebelum mencairkan dana yang dimiliki. Jika tidak menentukan porsi tentu cukup sulit untuk menyeimbangkan dana yang akan dijadikan modal untuk berinvestasi.

3. Titik Keuntungan

Ada juga strategi withdraw yakni berdasarkan dengan titik keuntungan untuk mencairkan dana. Maksudnya, trader harus mencairkan dana berdasarkan titik keuntungan yang telah ditentukan sebelumnya. Misalnya saja, apabila seorang trader ingin melakukan pencairan pada titik keuntungan Rp1 juta, maka setiap mencapai keuntungan itu, trader harus withdraw.

Syarat Jika Ingin Melakukan Withdraw

Selain strategi yang dapat dilakukan jika ingin melakukan withdraw, tentu ada juga persyaratan yang harus dipenuhi. Apabila tidak memenuhi persyaratan tersebut maka seseorang tidak boleh melakukan withdraw. Adapun persyaratan withdraw yang harus diketahui akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini:

1. Posisi Trading Harus Closed

Sebelum melakukan withdraw sebaiknya para trader harus benar-benar memastikan jika pembelian saham yang sudah terpenuhi. Tujuannya agar harga yang dimiliki dari komoditas tidak akan berubah. Dengan begitu, nilai yang terdapat dalam saldo tentunya bisa tetap. Maka dari itu, seorang trader harus menutup semua posisi dari trading saham yang dilakukan.

2. Menggunakan Akun yang Terverifikasi

Syarat yang juga tidak boleh dilewatkan yakni seorang trader harus mempunyai akun trading saham yang sudah terverifikasi. Jika belum terverifikasi maka trader harus melakukan verifikasi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar dapat meminimalisir terjadinya kegiatan kriminal. Selain itu, dapat juga memastikan jika  orang lain tidak bisa mencairkan dana yang dimiliki.

3. Metode Deposit dan Withdraw Harus Sama

Persyaratan lainnya yang harus dipenuhi yakni metode dari deposit dan withdraw tentu harus sama. Maksudnya, metode yang ditentukan saat melakukan deposit dan withdraw harus sama. Misalnya saja, jika saat melakukan deposit dan menggunakan metode transfer bank maka saat melakukan withdraw juga harus melakukan metode tersebut.

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan arti withdraw dalam saham dan strategi yang harus dilakukan jika ingin mencairkan dana. Dengan memilih salah satu dari strategi tersebut tentu proses pencairan dana tentunya sangat tepat. Memang penarikan dana inilah yang dijadikan sebagai keuntungan yang diperoleh selama trader melakukan trading saham.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button