Trading / Investasi

Informasi Simulasi Investasi Saham Beserta Perhitungan Keuntungannya

Jenis instrumen investasi saham belakangan memang cukup banyak digemari. Terlebih saat masa pandemi seperti saat ini dimana dunia perekonomian tengah mengalami kekurangan menentu. Hal ini lantaran investasi saham menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Hingga keberadaan dari simulasi investasi saham penungguan diketahui oleh para investor yang berminat dalam instrumen investasi tersebut.

Bahkan terdapat para investor mempunyai anggapan bahwa investasi saham dapat menjadi pilihan cara supaya cepat kaya dengan instan. Perlu diketahui bahwa sebenarnya penilaian semacam ini tidak seluruhnya keliru. Mengingat ada sejumlah investor yang berhasil memperoleh keuntungan sehingga bisa sukses. Bagi yang penasaran terkait investasi saham ini dapat menyimak pembahasan berikut:

Mengenal Investasi Saham

Sebelum para investor mengetahui simulasi investasi saham yang ada, maka investor perlu mengetahui sebenarnya yang dimaksud dengan investasi saham itu sendiri. Hingga dapat dipahami bahwasanya investasi merupakan usaha menanam modal supaya mampu menghasilkan keuntungan maksimal di waktu mendatang.

Sedangkan yang dimaksud dengan saham sendiri menurut pihak BEI merupakan satu dari beberapa jenis instrumen investasi dengan memakai modal pada suatu perusahaan. Dengan begitu maksud dari investasi saham yakni kegiatan melakukan penanaman modal dengan menggunakan instrumen investasi berupa saham. Hingga nantinya pihak investor saham mempunyai hak atas keuntungan dari perusahaan terkait.

Cara Kerja Investasi Saham

Bisa dikatakan bahwasanya instrumen saham tergolong dalam investasi yang mempunyai tingkat kerugian yang cukup tergolong besar ketimbang jenis instrumen lainnya. Untuk itu para investor perlu mengetahui tata cara kerja dari investasi saham itu sendiri terlebih dahulu. Adapun tujuannya tidak lain yaitu supaya dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kerugian yang ada.

Layaknya yang telah disinggung di pembahasan sebelumnya. Apabila investor mempunyai saham maupun menanam modal pada suatu perusahaan. Maka investor tersebut secara otomatis telah mempunyai hak milik akan sebagian dari perusahaan yang dimaksud. Misalnya saja seperti ketika suatu perusahaan yang dilakukan penanaman modal mempunyai jumlah 500 ribu saham yang diperuntukkan bagi umum.

Maka ketika investor melakukan pembelian saham 5000, hal tersebut menandakan bahwasanya investor tersebut mempunyai hak kepemilikan sebesar 5 persen atas saham milik perusahaan tersebut. Secara umum apabila semakin bertambah banyak investor yang melakukan pembelian saham suatu perusahaan. Tingkat maka tingkat harga saham yang dimiliki oleh perusahaan tersebut juga bertambah naik.

Simulasi Perhitungan Keuntungan

Di samping mengetahui cara kerja dari yang dimiliki oleh investasi saham. Maka para investor juga perlu mengetahui simulasi Akam perhitungan keuntungan yang dilakukan. Dimana perhitungan tersebut dapat dibedakan menjadi 2, yaitu keuntungan capital gain serta juga keuntungan dividen. Bagi yang penasaran, berikut pembahasannya:

1. Simulasi Perhitungan Keuntungan Capital Gain

Daftar pertama simulasi keuntungan dari investasi saham yaitu jenis keringat capital gain. Misalnya seperti ketika seorang investor melakukan pembelian saham dengan nominal 3 ribu rupiah per satu lembarnya di tahun 2019. Jumlah pembelian saham tersebut adalah 10 lot. Hingga saham tersebut mengalami kenaikan di tahun 2021 menjadi seharga 3500 rupiah per satu lembar saham.

Dengan begitu perhitungan keuntungan jenis capital gain yaitu memakai rumus: harga jual – harga beli kemudian dikalikan dengan jumlah lembar saham. Untuk itu rinciannya adalah 3500 – 3000 x 1000 = 500 ribu. Dari hal ini dapat diketahui bahwa keuntungan bersih yang berhasil didapatkan oleh investor tersebut yaitu 500 ribu rupiah. Dengan memakai modal 3 juta rupiah dalam kurun waktu 3 tahun.

2. Simulasi Perhitungan Keuntungan Dividen

Contohnya adalah ketika sebuah perusahaan memiliki 5 juta lembar saham. Hingga perusahaan tersebut mampu menghasilkan keuangan sebanyak 1 miliar rupiah. Dengan DPR sebanyak 30 persen dari keuntungan bersih. Hingga perhitungan dapat memakai rumus Dividen yaitu keuntungan bersih dikalikan dengan DPR.

Dengan begitu 1 miliar dikalikan dengan 30 persen dan didapatkan hasil sebanyak 300 juta rupiah. Adapun perhitungan Dividen per satu lembar yaitu 300 juta /5 juta sehingga menjadi 60 rupiah per satu lembarnya. Hingga jika investor melakukan pembelian 10 slot saham. Maka berhak memperoleh dividen sebanyak 60 ribu rupiah.

Demikian ulasan terkait simulasi investasi saham dengan keuntungan menggiurkan. Pembahasan di atas kiranya penting diketahui terutama oleh para investor yang masih tergolong baru. Hingga pengetahuan secara mendasar mulai dari pengertian sampai dengan simulasi keuntungan yang dapat diperoleh tidak boleh terlewatkan.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button