Trading / Investasi

Inilah 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Analisa Fundamental Saham Oleh Investor

Istilah yang sering disebut dengan analisa fundamental saham dapat dipakai sebagai suatu cara melakukan investasi pada bagian dari pasar modal guna mendatangkan keuntungan. Di samping itu juga dapat membuat investor mampu memberikan kenyamanan dalam jaminan hidup. Akan tetapi cukup banyak investor yang belum mengetahui tentang ini analisa fundamental dari instrumen saham.

Sebagaimana yang banyak diketahui bahwa kebersamaan dari pasar saham mengalami penurunan saat memasuki masa pandemi belakangan ini. Hingga membuat sejumlah investor banyak yang memutuskan untuk meninggalkan jenis instrumen investasi ini. Bagi yang ingin mengetahui informasi lebih mengetahui ulasan satu ini dapat menyimak pembahasan berikut:

1. Memilih Perusahaan Bagus

Satu dari beberapa hal pokok yang perlu diperhatikan dalam hal analisa fundamental saham yaitu melakukan pemilihan terhadap perusahaan yang bagus. Dengan melakukan pemilihan perusahaan yang baik serta solid tersebut menandakan bahwasanya perusahaan yang bersangkutan mempunyaii kondisi keuangan yang cukup baik.

Perlu diketahui cara menemukan perusahaan yang demikian perlu melihat beberapa hal. Misalnya saja seperti kondisi masa lalu dari perusahaan tersebut. Investor dapat melakukan pembelajaran akan kondisi keuangan dari perusahaan terkait dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang. Dengan mengamati kondisi masa lalu dari suatu perubahan dapat juga dipakai untuk menilai prospek yang dimiliki.

2. Acuan Harga Saham Yang Pantas

Hal lain yang perlu diperhatikan saat melakukan analisa fundamental saham yaitu faktor acuan harga saham yang pantas. Mengingat melakukan investasi saham tidak hanya berhubungan dengan pemilihan perubahan yang bagus saja. Akan tetapi juga melakukan pemilihan terhadap harga saham yang baik pula. 

Dimana nantinya investor bakal membutuhkan yang namanya harga acuan. Fungsinya tidak lain untuk menilai bahwa harga yang ada tergolong dalam kategori mahal atau marah, kemudian harga tersebut termasuk bagus atau justru sebaliknya. 

Serta acuan harga semacam ini cukup terbilang penting terutama ketika pasal saham tengah mengalami goyang. Dimana saat kejadian tersebut membuat investor harus mengambil keputusan apakah melakukan penjualan atau pembelian.

3. MOS

Istilah yang sering disebut dengan MOS ini merupakan kepanjangan dari kata Margin of Safety. Dapat dikatakan bahwa yang dinamakan dengan MOS ini merupakan suatu konsep yang cukup simpel akan tetapi terbilang powerful. Dengan kata lain ketika investor melakukan prediksi. Maka investor tersebut perlu melakukan pembuatan buffer guna sebagai antisipasi adanya ketidakpastian di masa mendatang.

Secara umum ketika investor melakukan pembuatan prediksi biasanya melakukan perkiraan terhadap kondisi di masa mendatang. Dimana nantinya juga memerlukan sejumlah faktor serta hal yang saling berkaitan. Misalnya saja seperti siapa yang menyangka bahwa di tahun 2020 bakal terjadi kondisi pandemi hingga saat ini.

4. Kuasai Laporan Keuangan

Hal yang tidak dapat terlewatkan dalam informasi mengenai analisa fundamental dari instrumen saham yakni terkait penguasaan laporan keuangan yang ada. Para investor perlu melakukan pemahaman serta analisa dari laporan keuangan milik perusahaan dengan cukup baik. Dimana perlu diketahui bahwa setiap industri perusahaan mempunyai indikator yang tidak sama.

Secara umum terdapat sejumlah indikator fundamental yang dipakai untuk melakukan analisis perusahaan yang ada. Dimana diantara indikator tersebut meliputi ROE yang merupakan kepanjangan dari kata Return of Equity. Kemudian ada juga indikator EPS yang merupakan kepanjangan dari Earning per Share dan lainnya.

5. Bayar Dividen, Saham Bagus

Istilah yang sering disebut dengan Dividen dapat dipahami sebagai pembagian keuntungan yang dilakukan pembayaran dengan cara tunai kepada pemegang saham. Dimana nantinya hal tersebut dilakukan persetujuan melalui adanya RUPS.

Keberadaan dari Deviden cukup terbilang penting lantaran para investor cukup senang dengan pembagian keuntungan yang dilakukan. Meskipun sebagian dari investor tersebut lebih merasa senang ketika keuntungan yang didapatkan dilakukan reinvestasi pada perusahaan tersebut. Di samping pembagian keuntungan, Deviden juga dapat memakai tanda bahwa perubahan tersebut mempunyai cash flow yang kuat.

Demikian pembahasan mengenai sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam analisa fundamental saham yang perlu diketahui. Ulasan semacam diatas cukup penting diketahui oleh para investor terutama yang memilih saham sebagai instrumen investasi. Dimana tujuan dari hal tersebut tidak lain yaitu untuk meningkatkan profit serta meminimalisir resiko yang mungkin saja terjadi.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button