Trading / Investasi

Strategi Trading Crypto yang Bisa Diaplikasikan

Crypto merupakan golongan aset trading yang saat ini banyak dimanfaatkan. Pada penggunaannya, crypto sendiri bukanlah aset yang mudah. Tentunya ada beberapa strategi trading crypto yang bisa dimanfaatkan dengan baik dan jelas. Semua komponen strategi ini tentunya harus diaplikasikan agar keuntungan trading bisa besar.

Bagi trader crypto yang lama berkecimpung di bidangnya, menerapkan strategi yang tepat bukanlah hal baru. Namun bagi trader yang masih baru dan awam, komponen strategi ini tentunya harus mendapat perhatian lebih dalam. Untuk mengetahui segala aspeknya, simak daftar dan penjabaran di bawah ini:

1. Swing Trading

Jenis strategi trading untuk aset crypto yang pertama adalah swing trading. Konsep dasar dari trading jenis ini adalah memanfaatkan keuntungan jangka pendek dari harga trend yang ada. Selain itu, juga dilakukan pemotongan kerugian dengan waktu yang lebih cepat. Meski hal ini memberi komponen keuntungan lebih kecil, namun banyak yang memanfaatkannya.

Hal ini dikarenakan return tahunan bisa baik jika memanfaatkan strategi jenis ini. Pada pemanfaatannya, strategi ini membutuhkan waktu yang tidak terlalu cepat. Hold akan dilakukan semalaman penuh. Sedangkan untuk penahanannya bisa terjadi dalam beberapa hari atau minggu untuk prosesnya.

2. Day Trading

Strategi lain yang sangat populer adalah day trading. Banyak trader yang memanfaatkan jenis ini untuk mendapatkan keuntungan dengan lebih cepat. Hanya dalam satu hari saja, trader akan melakukan pembukaan dan penutupan sebelum pasar tutup. Jadi, tidak ada proses atau penahanan hingga semalaman.

Bagi trader yang ingin mendapat peluang dari pergerakan jangka pendek, maka bisa langsung memanfaatkan strategi ini. Selain karena penggunaannya yang simpel, manfaat dari strategi ini juga banyak. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah kecilnya risiko kerugian yang mungkin muncul selama proses dilakukan.

3. Passive Trading

Jika strategi trading crypto yang sebelumnya fokus pada pergerakan jangka pendek, maka jenis yang satu ini fokus pada pergerakan jangka panjang. Trader bisa menerapkan strategi ini dengan membeli aset dan melakukan penahanan hingga profit bisa didapat. Konsep ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang lainnya.

Sudah banyak trader yang memanfaatkan strategi ini secara menyeluruh. Hal ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan penelitian, strategi ini dinilai yang paling efektif jika berbicara tentang pergerakan jangka panjang. Maka dari itu, bukan langkah yang salah jika memanfaatkan strategi ini untuk mendapatkan keuntungan.

4. Scalping

Bagi trader yang suka dengan pergerakan kecil, maka bisa memanfaatkan scalping. Dengan strategi ini, maka trader bisa mengambil sedikit saja dari pergerakan harga. Jadi, trader tidak perlu menunggu kesempatan besar untuk melakukan pergerakan. Proses ini bisa dikatakan sangat sederhana dibanding strategi yang lain.

Namun dalam penggunaannya, trader harus bisa menganalisa harga dan pasar dengan baik. Jadi bisa disimpulkan bahwa pengguna yang pas dari strategi ini adalah trader profesional. Jika masih awam, maka sangat disarankan untuk mempelajari strategi ini terlebih dahulu sebelum benar-benar memakainya.

5. Arbitrage Trading

Jenis terakhir yang direkomendasikan adalah arbitrage trading. Pada konsep strategi ini, maka trader harus melakukan penjualan dan pembelian di waktu yang bersamaan. Namun, market yang dipakai harus berbeda. Dengan adanya komponen ini, maka keuntungan bisa diambil dari ketidakseimbangan harga yang muncul.

Melalui strategi ini, tiap trader harus lebih jeli dan lebih fokus. Jika menemukan aset dengan harga yang kecil, maka bisa langsung melakukan pembelian. Setelah itu, jual aset tersebut di pasar berbeda dengan harga yang lebih tinggi. Dengan langkah ini, maka keuntungan akan didapat oleh trader yang melakukannya.

Proses ini memang bukanlah komponen proses yang mudah. Namun jika trade memanfaatkan arbitrage trading dengan baik, maka komponen hasilnya juga akan baik pula. Untuk mengaplikasikannya secara menyeluruh, diperlukan penalaran yang besar terhadap pasar. Hal ini harus dimiliki dan dipahami oleh setiap trader crypto.

Semua strategi trading crypto di atas tentunya bisa dimanfaatkan dengan baik. Penerapan komponen strategi-nya juga harus tepat sasaran. Dengan penerapan dan implementasi yang jelas, maka hasil dari trading juga akan baik. bahkan, trader awam juga bisa mendapat keuntungan besar jika menerapkan strategi di atas.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button