Trading / Investasi

Breakout Saham adalah Posisi yang Dinantikan Trader, Ini Penjelasannya! 100% 11

Saat melakukan trading, tentu akan ada banyak komponen istilah yang ditemukan oleh trader. Salah satu yang harus dipahami adalah istilah breakout saham. Secara definisi, breakout saham adalah suatu kondisi yang sangat dinanti oleh trader. Untuk lebih lanjut, tentu harus dipahami definisinya secara lebih mendalam.

Jenis-jenis breakout sendiri ada banyak. Bagi seorang trader, semua komponen ini tentunya harus dipahami dengan baik dan menyeluruh. Jika semua komponen sudah diketahui, maka pemanfaatannya akan lebih mudah. Agar pemahaman mengenai semua komponen ini bisa dilakukan dengan baik, pastikan untuk menyimak pembahasan yang ada di bawah ini:

Definisi Breakout Saham

Breakout saham adalah adalah suatu golongan kondisi di mana titik dan arah pergerakan ada di atas support dan resistance. Jadi, dalam suatu trading akan ditemui titik atas atau support dan titik acuan bawah atau resistance. Jika pergerakan berada di atas atau di bawah dua titik ini, maka bisa disebut breakout.

Kondisi ini merupakan jenis yang dinantikan oleh trader. Apalagi untuk trader yang memakai strategi follower pada trend. Hal ini dikarenakan penggunaan strategi ini bisa memberikan poin keuntungan yang lebih besar asalkan analisis yang dilakukan sudah tepat. Bagi trader, hal ini harus dipahami lebih jauh.

Dengan adanya penjelasan tersebut, maka bisa dipastikan bahwa pemanfaatan breakout saham ini bisa memberi keuntungan untuk trader. Namun agar pemanfaatannya maksimal, diperlukan adanya tips-tips tertentu. Simak daftar tips yang tepat di bawah ini agar bisa dimanfaatkan dengan baik dan menyeluruh:

  • Ketahui dan pahami tren yang paling kuat di pasar saham.
  • Untuk melakukan validasi breakout, pastikan untuk menggunakan candle.
  • Saat breakout terjadi, perhatikan volume trading dengan menyeluruh. Besar kecilnya volume menjadi penentu utama dari kondisi breakout yang terjadi.
  • Pasang juga stop loss untuk menunjang proses. Hal ini penting dan krusial untuk dilakukan karena bisa mengurangi risiko kerugian saat trading.
  • Konsultasikan strategi yang tepat dengan pihak yang berpengalaman. Langkah ini juga penting agar tidak salah mengambil strategi.

Semua tips ini memang harus diperhatikan dengan baik. Pastikan untuk menerapkan semua tips di atas tanpa ada yang terlewat. Meski butuh adaptasi dalam penggunaannya, namun jika dilakukan dengan konsisten maka hasilnya juga akan baik. Agar tidak bingung, manfaatkan tips secara bertahap dan satu per satu.

Jenis-Jenis Breakout Saham

Jika berbicara mengenai jenisnya, trader bisa membedakannya menjadi dua jenis breakout saham yang berbeda. Dua jenis ini harus dipahami dengan baik. Sehingga, saat akan menggunakan teknik analisisnya sudah benar-benar dipahami dengan baik. Inilah penjelasan mengenai jenis-jenis breakout yang ada:

1. True Breakout

Jenis yang pertama adalah true breakout. Konsep dari jenis ini adalah tidak adanya langkah berbalik dari pergerakan yang ada. jadi, pergerakan akan terus melewati batas yang dijadikan acuan. Baik itu melewati titik support atau melewati titik resistance, tidak ada arah balik maka bisa disebut dengan true breakout.

Namun, ada beberapa komponen juga yang bisa dipakai sebagai acuan identifikasi true breakout ini. Misalnya candlestick chart dan peningkatan volume. Apabila candlestick sudah melewati batas dan terjadi peningkatan volume, maka bisa dikatakan sebagai true breakout. Semakin naik volume, maka akan semakin besar pula kapasitasnya.

2. False Breakout

Berbeda dengan true breakout, false breakout adalah jenis pergerakan yang berbalik arah dan tidak ada lanjutan melewati batas. Konsep utama dari jenis ini juga berbeda. Apabila candlestick chart bergerak, maka yang menembus garis acuan hanya ekornya saja. Hal ini tentunya memberi hasil yang berbeda.

Volume dari pergerakan tidak akan naik dengan adanya kondisi tersebut. Semakin tidak signifikan peningkatan volume, maka bisa dipastikan jika false breakout sudah terjadi. Kondisi ini tentunya bukan yang paling menguntungkan. Maka dari itu, perlu adanya pengecekan harga agara false breakout tidak terjadi.

Penjelasan mengenai breakout saham ini tentunya bisa dipahami dengan baik. Jadi jika ditarik kesimpulan, breakout saham adalah suatu kondisi yang dinantikan oleh trader. Namun tetap perlu diperhatikan jenis dan perbedaannya. Sehingga saat menemukan kondisi tertentu, bisa segera melakukan analisis dengan baik.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button