Trading / Investasi

Pelajari Investasi Saham Ala Swing Trader Dunia

Sekarang ini sudah banyak investasi saham ala swing trader dunia yang ditiru dan diterapkan oleh para trader pemula. Penggunaan istilah swing dalam dunia trading merupakan hal yang cukup dikenal, meskipun para trader tidak menyadarinya. Berikut beberapa ulasan terkait swing trader yang akan dijelaskan diantaranya yaitu:

Mengenal Swing Trading

Dalam dunia trading, seorang trader harus paham apa itu swing trading karena menjadi taktik yang dipergunakan dalam transaksi saham. Penggunaan strategi tersebut memungkinkan trader bisa melakukan jual beli saham di pasar saham. Berikutnya aset yang ingin ditransaksikan akan ditahan terlebih dahulu.

Biasanya waktu yang dipakai untuk menahan aset adalah harian atau pun mingguan. Investasi saham ala swing trader dunia banyak digunakan dalam melakukan analisa teknikal. Hal tersebut dilakukan supaya dapat menentukan transaksi jual beli nantinya. Namun tidak lupa juga untuk melakukan analisa terhadap fundamental, hingga pola harga.

Swing Trader Dunia

Supaya bisa melakukan investasi saham ala swing trader dunia seseorang tentu harus bisa melakukan analisa yang kuat. Trader juga diminta untuk dapat memahami prospek dari saham sebuah perusahaan serta pergerakan di dalamnya. Belum lagi adanya perkembangan tren yang terjadi dalam pasar saham.

Menjadikan metode yang dipakai pun lebih ke pengukuran risiko secara objektif untuk dapat mengeliminasi hal subjektif. Maksud hal yang subjektif diantaranya yaitu emosi dan faktor lainnya yang bersifat eksternal. Namun, untuk melakukan analisa tetap saja membutuhkan yang namanya fundamental, tren hingga pola pasar yang wajib untuk diperhitungkan.

Resiko Swing Trading

Siapa pun yang melakukan kegiatan swing trading baik pemula atau profesional sekali pun tetap ada yang namanya resiko. Hal tersebut tentu diakibatkan oleh berbagai faktor seperti, salah dalam perhitungan harga atau menganalisa saham. Berikut strategi yang bisa dipakai untuk mengurangi resiko swing trading yaitu:

1. Average Down

Hal pertama yang dapat dilakukan oleh para trader yaitu dengan menggunakan average down. Investasi saham ala swing trader dunia banyak memakai strategi ini, sebab dilakukan secara bertahap ketika sebuah harga mengalami penurunan. Bisa dibilang trader nantinya dapat menggelontorkan uang kembali ketika harga jauh berbeda dibandingkan di awal.

Namun ketika strategi tersebut sebenarnya bisa membuat trader mengalami kerugian yang besar, jika harga saham terus turun. Nah, segi positifnya bisa saja nantinya keadaan membalik, dengan harga saham yang drastic meningkat. Supaya bisa berhasil menggunakan strategi tersebut maka pilihlah perusahaan yang tepat, mengapa?

Jika perusahaan yang dipilih sudah tepat, maka analisis yang terdapat di dalamnya pun akan baik. Hal tersebut bisa terlihat dari fundamental yang stabil dan peluang pertumbuhan yang bagus tentunya. Hal inilah yang harus bisa trader analisa dengan baik ketika memilih sebuah perusahaan.

2. Stop Loss

Berikutnya trader juga bisa memakai strategi stop loss ketika hal yang diprediksi ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi. Ketika swing trading merugi, langkah yang sebaiknya diambil yaitu langsung melakukan stop loss. Hal tersebut dapat meminimalkan kerugian serta penetapan harga yang rendah nantinya.

3. Entry

Strategi investasi berikutnya yang dapat diterapkan yaitu dengan menggunakan teknik entry. Hal tersebut dilakukan ketika seorang trader masuk ke dalam pasar saham dan melakukan pembelian sesuai dengan tren. Penggunaan tren sendiri menjadi patokan untuk melihat arah dari pergerakan saham yang terjadi dalam periode tertentu.

Melakukan analisa trend dengan baik dapat menentukan waktu entry yang paling tepat pastinya. Untuk metode entry ini sebenarnya sudah terukur keakuratannya untuk dapat berhasil dalam melakukan trading jangka panjang. Tidak, hanya itu, dengan melakukan teknik entry juga bisa membuat peningkatan checklist entry semakin tepat.

4. Exit

Nah, terakhir ada teknik exit yang dapat dipakai untuk mengurangi resiko swing trading. Hal tersebut dikarenakan exit bisa dipakai trader untuk keluar dari pasar di waktu yang tepat. Trader bisa memanfaatkan saham di posisi terbaiknya. Gunakan exit ketika puncak dari nilai yang diinginkan sudah berada delimit terendah yang ditetapkan.

Itulah penjelasan terkait investasi saham ala swing trader dunia yang bisa dipelajari dan dipahami terlebih dulu. Lakukan analisis pada setiap strategi yang sekiranya cocok untuk digunakan ketika melakukan swing trading. Pastikan juga untuk melakukan analisa terhadap kemungkinan resiko yang dapat terjadi, jangan sampai trader malah merugi.

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button