Trading / Investasi

Inilah Cara Belajar Trading Saham Untuk Pemula Sampai Sukses

Dalam melakukan suatu kegiatan yang pastinya baru untuk kita, tentu sebaiknya dipelajari akan bidang tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu, kita dapat mengetahui seluk beluk yang akan terjadi dari kegiatan ini. Begitu pula dengan trading saham ini, setiap pemula harus mengerti cara belajar trading saham yang benar dan tepat.

Dengan mengetahui cara belajar trading saham yang benar ini, tentu akan membuat investor lebih paham dan dapat memperkirakan apa yang akan terjadi. Sehingga, investor juga dapat melakukan analisa atas pergerakan harga saham yang terjadi. Yang nantinya, investor bisa mempersiapkan keputusan yang paling tepat diambil di waktu tersebut.

Apa Itu Trading Saham?

Dalam dunia investasi trading ini penyebutan dari istilah jual beli barang investasi. Ketika kata trading dan saham ini digabungkan menjadi trading saham tentu maknanya sudah dapat diperkirakan bukan? Benar, trading saham ini menjadi sebutan dari kegiatan jual atau beli dari suatu saham dimana hal ini terjadi dari pasar saham.

Biasanya broker saham akan menjadi jembatan dari proses transaksi saham ini yang pastinya telah terpercaya. Broker saham ini pun terkadang telah menyediakan seluruh fitur yang dibutuhkan oleh investor dalam kegiatan trading saham ini. Mulai dari berita aktual tentang saham, pergerakan charting, hingga portofolio dari saham tersebut.

Cara Belajar Trading Saham Untuk Pemula

Dunia investasi saham masih menjadi bagian favorit dari para investor untuk melakukan investasi. Bahkan, teruntuk investor baru pun cukup banyak yang tertarik untuk melakukan investasi di dunia perusahaan ini. Oleh karenanya, setiap investor pemula haruslah paham betul untuk cara belajar trading saham yang tepat. Dengan begitu, mereka akan terhindar dari resiko kerugian yang besar.

1. Belajar Dari Buku/Internet Tentang Saham

Telah banyak investor yang profesional dalam dunia saham mulai mengeluarkan buku untuk membagikan ilmu yang dimilikinya. Tokoh-tokoh profesional dan ahli dalam bidang saham ini juga tidak hanya dari Indonesia saja. Teruntuk investor pemula yang ingin memulai keberuntungan di dunia perusahaan, bisa membaca buku karya mereka sebagai dasar mengenal dunia saham.

Buku yang mereka keluarkan tidak hanya membahas tentang dunia saham secara gamblang saja, tetapi secara menyeluruh dan mendetail. Bahkan tak jarang ada tokoh penulis sekaligus tokoh ahli saham yang juga membagikan tips dalam berinvestasi saham ini. Dari membaca buku mereka, secara tidak langsung telah memberikan gambaran untuk Anda mengenai dunia perusahaan ini.

Bagi kalian yang cukup bosan dalam membaca buku tebal tentang dunia saham ini, juga bisa mempelajari dunia perusahaan ini melalui internet. Ada banyak informasi yang bisa diperoleh oleh setiap investor mengenai dunia trading saham ini. Mulai dari hal yang mendasar hingga proses penganalisaan yang harus dilakukan.

2. Perhitungan Besaran Anggaran Trading Saham

Sebelum melakukan jual beli saham atau trading saham ini, tentu investor harus menentukan besaran anggaran yang harus dikeluarkan dalam trading saham. Sebaiknya besaran anggaran yang digunakan untuk berinvestasi ini sudah diperhitungkan dengan baik antara resiko kerugian dan keuntungan yang mungkin akan didapatkan.

Jika Anda menggunakan anggaran saham dari anggaran tabungan, pastikan besaran anggaran untuk saham ini tidak lebih dari 10% jumlah tabungan. Karena ketika anggaran saham ini melebihi 10% jumlah tabungan, resiko kerugian yang mungkin akan terjadi tidak dapat tercover oleh sisa dana tabungan. Untuk itu, perhitungkan dengan baik mengenai besaran anggaran trading saham ini.

3. Baca dan Pahami Portofolio Saham 

Sebelum memilih untuk membeli suatu saham, pastikan Anda sudah membaca dan memahami dengan benar mengenai portofolio dari saham tersebut. Tujuan dari membaca portofolio ini yaitu untuk memperhitungkan kembali kesehatan dari aset saham yang akan dibeli. 

Portofolio saham yang sehat ini dilihat dari rendahnya tingkat loss yang mungkin akan didapat oleh setiap investor serta besaran laba/rugi yang didapat perusahaan bersangkutan. Ketika posisi keuangan dari perusahaan tersebut selalu dalam nilai stabil dan cenderung naik, maka saham tersebut sangat aman untuk dibeli. 

Namun, ketika posisinya tidak stabil dan cenderung naik turun ada baiknya investor memperhitungkan dan memperhatikan kembali untuk membeli saham tersebut. Hal ini harus benar-benar dipahami investor pemula.

Itulah informasi mengenai cara belajar trading saham yang tentunya sangat cocok untuk pemula. Usahakan selalu teliti dan berhati-hati ketika akan membeli saham apapun. Pastikan Anda sudah melakukan penganalisaan yang mendalam akan saham tersebut.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button