Trading / Investasi

Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Gencarnya perkembangan teknologi dan banyaknya kemudahan berinvestasi membuat banyak orang kini melek investasi, Bahkan, investor bisa mulai berinvestasi dengan modal 100 ribu saja. Namun, tetap saja harus memahami bagaimana cara bermain saham dengan modal 100 ribu agar memperoleh keuntungan maksimal.

Pasalnya, membeli saham tidak boleh sembarangan karena tujuan berinvestasi adalah memperoleh keuntungan. Terlebih lagi jika modal yang dimiliki pas-pasan sehingga butuh trik khusus dalam bermain saham. Jika ingin tahu bagaimana cara bermain saham dengan modal 100 ribu, berikut ini adalah ulasannya:

1. Pilih Sekuritas yang Biaya Setoran Awalnya Rendah

Ketika ingin bermain saham, hal awal yang harus dilakukan yaitu membuat Rekening Dana Investor (RDI). Kemudian, RDI tersebut harus diisi setoran awal atau jika diibaratkan tabungan adalah seperti saldo awal yang telah ditentukan oleh masing-masing perusahaan sekuritas. Setoran awal yang ada di RDI tersebut yang bisa digunakan untuk membeli dan menerima hasil penjualan saham.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika tiap sekuritas memiliki setoran awal yang beragam. Ada sekuritas yang mematok setoran awal ratusan ribu rupiah, namun ada juga yang mencapai puluhan juta rupiah. Jadi, jika ingin bermain saham dengan modal 100 ribu, pastikan memilih sekuritas yang biaya setoran awalnya rendah.

2. Investasikan Modal ke Saham Murah Namun Potensial

Di BEI, ada banyak emiten yang bisa dibeli dan emiten tersebut terdiri dari beragam sektor, mulai dari pertanian, keuangan, transportasi, hingga property. Selain itu, harga saham yang ditawarkan juga beragam, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Namun, jika modal awal yang dimiliki hanya 100 ribu, tentunya harus memilih emiten yang sesuai budget.

Pasalnya, ada batasan minimal jika ingin membeli saham, yaitu 1 slot atau 100 lembar saham. Jadi, jika 1 emiten mematok harga Rp20.000 maka investasi minimal yang disiapkan adalah Rp2.000.000. Oleh karena itu, jika memiliki modal yang terbatas, pilihlah emiten yang memiliki harga terjangkau.

Jadi, dengan modal Rp100.000, investor bisa membeli 1 lot saham dengan harga per lembarnya Rp1.000. Atau, bisa juga mendapatkan lebih banyak saham namun dengan harga saham yang lebih rendah. Investor bisa melihat jenis saham unggulan dan juga harganya di indeks harga saham yang ada di BEI. Misalnya, indeks saham unggulan yaitu IDX30 atau indek LQ45.

3. Perhatikan Biaya Transaksi yang Dibayarkan

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu selanjutnya yaitu selalu perhatikan biaya transaksi yang nantinya dibayarkan. Oleh karena itu, saat membuat anggaran untuk investasi, pastikan dana tersebut sudah bersih dari potongan-potongan biaya transaksi. Adapun biaya transaksi yang dikenakan tiap sekuritas cukup bervariasi, mulai dari 0.15% hingga 0.35%.

Sebagai rekomendasi, hindari melakukan trading jual beli saham terlalu sering ketika hanya memiliki dana terbatas. Pasalnya, investor akan mengeluarkan biaya lebih besar untuk transaksi. Jadi, pilihlah saham-saham yang sekiranya bisa dipertahankan dalam jangka waktu menengah hingga jangka panjang.

4. Manfaatkan Momen Ketika Harga Saham Unggulan Turun

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebaiknya investor membeli saham unggulan. Sayangnya, kebanyakan memang saham unggulan di patok harga cukup tinggi. Namun, seringkali ada momen ketika harga saham unggulan mengalami penurunan karena dinamika pasar saham memang tidak mudah untuk ditebak.

Investor tidak perlu khawatir jika harga saham mengalami penurunan karena saham unggulan telah melantai di BEI puluhan tahun sehingga sudah biasa harganya mengalami naik turun. Jadi, manfaatkan momen dimana harga saham unggulan turun agar bisa memaksimalkan modal minim yang dimiliki.

5. Hindari Saham Gorengan

Istilah saham gorengan adalah salah satu jenis saham yang ciri-cirinya memiliki harga saham rendah namun mendadak naik cukup tajam. Namun, saham tersebut memiliki likuiditas yang rendah sehingga saham jenis ini harus dihindari. Pasalnya, kenaikan saham gorengan tidak diikuti dengan kondisi finansial perusahaan melainkan adanya campur tangan pihak tertentu.

Dengan begitu, dengan membeli saham gorengan, investor akan membeli barang yang buruk dengan harga yang mahal karena adanya pihak-pihak tertentu yang menipu. Oleh karena itu, jika ingin membeli saham dan menghindari saham gorengan, pastikan menganalisis laporan keuangan dan tahunan perusahaan serta pergerakan harga saham perusahaan.

Itulah ulasan yang menarik tentang cara bermain saham dengan modal 100 ribu. Pastikan investor mengaplikasikannya agar terhindar dari kerugian yang besar dan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Kemudian, tetaplah berkepala dingin karena terdapat resiko dari bermain saham.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button