Bisnis

Cara Mempromosikan Jualan Online yang Ampuh di 2022

Pandemi yang melanda seluruh dunia beberapa waktu lalu, masih menyisakan sejumlah permasalahan yang cukup rumit. Salah satunya adalah meningkatnya angka pemberhentian pekerja akibat perusahaan yang mengalami kesulitan. Otomatis para pekerja tersebut kehilangan pekerjaan dan tidak sedikit dari mereka yang membuka bisnis online. Lalu bagaimana cara mempromosikan jualan online? Simak pembahasan berikut ini;

1. Ketahui Target Konsumen

Tahap awal sebelum memulai suatu cara mempromosikan jualan online, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu siapa target pasarnya. Target bisa saja dari rentang usia atau golongan tertentu yang umum di masyarakat. Sesuaikan produk yang dijual dengan siapa target pasarnya, dengan itu penjual bisa dengan mudah memikirkan konsep promosinya akan seperti apa.

Coba saja dengan membuat suatu grup chat baik itu whatsapp, facebook, dan lain-lain. Dengan grup tersebut pengguna bisa mengetahui siapa saja yang berminat untuk mengetahui produknya. Adanya grup tersebut bisa dengan mudah diterima masyarakat karena mereka benar-benar mengetahui apa yang dibutuhkan.

2. Buat Konten Menarik

Suatu cara yang sangat praktis apabila berhasil dilakukan, namun pembuatannya cukup rumit. Hal tersebut adalah pembuatan konten, dengan membuat konten-konten yang menarik bisa memikat penonton dan secara tidak langsung mempromosikan apa yang akan dijual. 

Dengan itu rasa penasaran penonton akan semakin tinggi terhadap produk yang ada dalam konten tersebut. Sehingga penonton akan langsung membeli untuk mencoba sendiri produknya.Seperti yang sudah diketahui jika kekuatan media sosial ini cukup besar dampaknya bagi kesuksesan usaha.

Lihat saja ada banyak contoh produk yang bisa laku keras berkat konten dan promosi yang dilakukan di internet. Tak jarang juga mereka membuat konten yang membuat para penontonnya penasaran dan menghadirkan rasa ingin tahu yang tinggi.

3. Gunakan Hashtag

Dalam setiap campaign promosi produk pastikan untuk tidak lupa mengikutkan hashtag. Hal tersebut sangat penting guna meningkatkan respon yang cepat dari pengguna yang khususnya bermain di media sosial. Adanya hashtag meningkatkan kemungkinan konten yang dibuat tentang jualan untuk dilihat oleh orang lain.

Meski begitu jangan sembarangan menggunakan hashtag tanpa disertai alasan tertentu. Gunakanlah hashtag yang sangat spesifik  agar pada saat pencarian dilakukan produk yang sedang dijual menjadi konten teratasnya. Hashtag tersebut bisa disisipkan pada setiap postingan konten baik itu di deskripsi dan juga dalam komentar.

4. Bangun Komunikasi yang baik

Cobalah untuk bisa berkomunikasi dengan baik terhadap pelanggan, khususnya di bagian pelayanan. Saat mereka mulai menanyakan tentang produk yang dijual cobalah untuk menjelaskan hal yang bisa membuat mereka tertarik. 

Lalu jika mereka sudah membeli, coba juga untuk memperhatikan mereka seperti menanyakan keadaan produk dan meminta testimoni. Hubungan yang baik antara pelanggan dan penjual, bisa meningkatkan hubungan khusus antar keduanya. 

Bisa saja dengan adanya hal tersebut membuat pelanggan terkesan dan ingin menjadi langganan. Jangan lupa siapkan juga suatu event khusus untuk pelanggan seperti adanya bonus di hari ulang tahun, atau promosi di hari-hari tertentu. Cara tersebut bukan tidak mungkin membuat para konsumen merasa dekat dengan penjualnya.

5. Bekerja sama dengan Influencer

Lakukan juga beragam kerjasama dengan pihak-pihak yang berpengaruh seperti influencer. Melalui jasa mereka, produk yang dimiliki bisa dengan mudah dilihat orang lain bahkan bisa langsung meningkatkan penjualan secara instan. Bayangkan saja dengan jumlah pengikut yang sekian banyaknya bisa meningkatkan penjualan secara signifikan hanya dengan waktu sekejap.

Namun tentu ada harga yang harus dibayar oleh penjual jika ingin produknya tampil pada konten mereka. Harga dan biayanya bervariasi tergantung jumlah engagement para influencer tersebut. Namun jangan khawatir banyak influencer yang rela memberikan harga khusus guna membantu umkm untuk bisa berkembang.

Namun penjual juga harus berhati-hati saat memilih influencer saat akan mempromosikan produk. Lihat terlebih dahulu apakah mayoritas followernya sesuai dengan target pasar produk tersebut? Jangan sampai salah menentukan karena bisa jadi bukannya untung yang didapat malah rugi karena salah target.

Itulah beberapa cara mempromosikan jualan online yang ampuh untuk saat ini. Berjualan online memang susah-susah gampang, namun jangan patah semangat karena peluang masih terbuka lebar. Apalagi bagi para pengusaha yang kreatif dalam mempromosikan produknya.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button