Bisnis

5 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Untuk Pebisnis Pemula

Banyak orang mulai terjun untuk menjalankan bisnis online karena begitu berkembangnya teknologi. Salah satu bisnis online yang menjamur dan tengah marak dijalankan adalah bisnis online shop baju. Jika tertarik juga untuk menjalankannya, ketahui dulu bagaimana cara memulai bisnis online shop baju.

Pasalnya, ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dilakukan ketika merintis bisnis online shop. Terlebih lagi banyak orang yang juga memiliki bisnis sejenis, sehingga perlu melakukan langkah yang tepat. Di bawah ini adalah ulasan tentang cara memulai bisnis online shop baju yang bisa dijadikan referensi:

1. Melakukan Riset Produk dan Pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis online shop baju tentu saja melakukan riset produk dan pasar. Dengan melakukan riset, maka pebisnis akan paham mengenai produk baju yang dijual beserta pasarnya. Dengan begitu, pebisnis perlu mempersiapkan produk baju seperti apa yang akan dijual, dari mana baju tersebut bisa didapat, siapa saja kompetitornya, dan lain-lain.

Apabila pebisnis melakukan sebuah riset, maka akan memiliki gambaran bisnis yang dijalankan dan seperti apa kondisi pasar yang sedang terjadi, Maka, bisnis yang dijalankan lebih fokus dan terarah sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.

2. Mencari Supplier yang Terpercaya

Jika sudah tahu produk baju seperti apa yang ingin dijual, cara memulai bisnis online shop baju selanjutnya yaitu mencari supplier yang terpercaya. Supplier bertugas untuk menyediakan produk pakaian yang ingin dijual sehingga penting untuk mencari supplier yang tepat. Ada dua cacar yang bisa dipilih untuk mendapatkan supplier yang tepat, yaitu sebagai reseller dan dropshipper.

Pada sistem reseller, pebisnis membeli sejumlah produk baju lalu dijual langsung ke pelanggan dengan harga yang telah ditentukan sendiri. Dengan begitu, pada sistem reseller, pebisnis membutuhkan modal untuk menjalankan bisnis online shop baju. Sedangkan pada sistem dropshipper, pebisnis hanya sebagai tenaga pemasaran ke pelanggan.

Produk baju yang dijual akan disiapkan oleh supplier. Dengan begitu, jika ada pelanggan yang ingin membeli baju yang dijual, maka pebisnis tersebut akan meneruskan pembelian pelanggan ke pihak supplier. Kemudian, supplier akan mengirimkan baju tersebut ke pelanggan atas nama pebisnis tersebut. Dengan begitu, pada sistem dropshipper, tidak membutuhkan modal untuk menjalankannya.

3. Membuat Website dan Media Sosial

Ketika ingin menjalankan bisnis online, tentu saja penting untuk membuat website dan media sosial. Pasalnya, website memiliki fitur yang mendukung jual beli produk baju secara online. Pelanggan bisa melihat produk baju yang dijual maupun langsung melakukan pembelian di website tersebut. Oleh karena itu, buatlah website dengan desain yang menarik dan mudah diakses pelanggan.

Kemudian, buat juga media sosial atas produk baju yang dijual, misalnya di Facebook atau Instagram. Cara memulai bisnis online shop baju selanjutnya yaitu mendaftarkan bisnis baju pada e-commerce yang tersedia. Pasalnya, kini banyak pelanggan yang lebih memilih belanja online di e-commerce.

4. Lakukan Promosi yang Unik dan Menarik

Jika ingin produk yang dijual dikenal luas di pasaran, tentunya perlu melakukan promosi. Dengan melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengetahui produk baju yang dijual, semakin banyak pula peluang pembeli. Namun, pebisnis juga harus mampu melakukan promosi yang menarik dan unik untuk mendapatkan perhatian pelanggan.

Untuk melakukan promosi, tidak membutuhkan biaya yang besar. Pebisnis bisa memanfaatkan media sosial atau website yang telah dibuat sebagai ajang promosi. Posting foto produk baju yang dijual dengan bagus dan berikan caption yang menarik untuk mengundang minat pembeli.

5. Terus Berinovasi

Jika produk sudah mulai dikenal dan memiliki pelanggan, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan inovasi. Pebisnis harus melakukan riset tentang baju seperti apa yang sedang dan akan musim nantinya. Maka, pebisnis bisa mengeluarkan produk baju yang unik dan mengikuti perkembangan zaman.

Dengan begitu, pelanggan juga tidak merasa bosan akan produk yang dikeluarkan dan tertarik akan produk baju yang dijual. Pebisnis bisa menjual baju yang sedang ngetrend namun sebaiknya tetap fokus sesuai branding baju yang dimiliki. Jangan sampai inovasi yang dilakukan keluar dari ciri khas produk baju yang dijual.

Membangun bisnis online shop baju memang tidak mudah karena ada banyak yang harus dilakukan. Namun, dengan mengetahui cara memulai bisnis online shop baju yang telah dijelaskan diatas, diharapkan memudahkan pebisnis yang mulai merintis bisnis tersebut. Lakukanlah cara tersebut secara konsisten dan nikmati setiap prosesnya.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button