Bisnis

Daftar 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Pengiriman Barang Dagangan Ke Luar Negeri

Kegiatan berupa ekspor atau yang banyak dikenal dengan sebutan pengiriman barang dagangan ke luar negeri memang cukup sering dilakukan. Hal ini tidak lain untuk saling memenuhi kebutuhan antar masyarakat yang tinggal di negara tertentu. Hingga tak heran apabila dapat menerapkan sejumlah produk yang berasal dari negara Indonesia di luar negeri. Justru juga berlaku untuk sebaliknya.

Akan tetapi dalam hal pengiriman barang tersebut setidaknya harus memperhatikan sejumlah hal. Mulai dari pengemasan sampai dengan penyertaan alamat yang cukup lengkap. Hal ini mampu untuk meminimalisir hal yang tak diinginkan, seperti barang yang rusak dan lainnya. Bagi yang penasaran terkait sejumlah hal yang harus diperhatikan yakni seperti berikut:

1. Mengenali Karakter Barang

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat melakukan proses pengiriman barang dagangan ke luar negeri yaitu mengenal akan karakter dari barang tersebut. Hal ini diperlukan lantaran supaya pihak pengiriman mampu memberikan perlakuan yang tepat untuk barang tersebut. Contoh kecilnya adalah seperti karakter bahan yang tergolong dalam kategori mudah.

Tentunya perlakukanya juga bakal berbeda dengan barang yang lentur serta tak gampang pecah. Jangan sampai pengusaha melakukan pengemasan barang yang bakal dilakukan pengiriman menuju ke luar negeri dengan sembarangan. Pasalnya tindakan yang sembarangan tersebut mampu mempengaruhi kualitas dari barang yang bakal dikirim,bahkan hingga berakibat fatal.

2. Menyusunnya Dengan Teratur

Hal lain yang juga perlu untuk diperhatikan saat melakukan pengiriman barang hingga menuju ke negara lain yaitu terkait penyusunan yang dilakukan. Dimana pihak pengusaha dapat melakukan penyusunan barang ekspor tersebut dengan cara yang cukup teratur. Apabila memang barang yang dimaksud dapat dilakukan penyusunan dengan cara ditumbuk, maka jalankan secara rapi.

Sedangkan jika barang memang harus dilakukan penyusunan menggunakan cara satu persatu, maka lakukan dengan baik. Secara umum semakin bertambah berat beban yang dimiliki oleh barang yang bakal dilakukan pengiriman. Maka harga pengiriman yang perlu dibayar juga semakin mahal.

3. Membungkusnya Secara Berlapis

Saat hendak melakukan pengiriman barang menuju ke luar negeri maka tidak boleh memandang remeh bungkus yang dipakai. Bahkan dianjurkan melakukan pengemasan memakai bungkus uang berlapis. Adapun alasan hal satu ini perlu dilakukan yaitu supaya barang lebih aman dari benturan maupun air yang berkemungkinan masuk.

Dimana bungkus yang dapat dipakai adalah bisa dari bahan bubble wrap. Bungkus ini terbuat dari bahan plastik yang diketahui mempunyai kantong udara serta anti terhadap ruang. Adapun bentuk dari kemasan atau bungkus satu ini yaitu bulat dengan ukuran kecil. Jika diberikan tekanan pada bagian dari bungkus ini maka akan menghasilkan suatu bunyi.

4. Mencantumkan Alamat Secara Jelas

Sebelum melakukan pengiriman barang dagangan hingga menuju ke negara yang dituju. Maka tidak ada salahnya jika pengusaha melakukan pengecekan ulang terhadap barang dagangan tersebut. Jika dirasa apabila barang telah terbungkus secara rapi dengan memakai bubble wrap. Maka selanjutnya dapat dibungkus kembali dengan kardus maupun kain dengan tekstur lembut.

Serta yang terakhir dapat dikemas menggunakan kardus. Jika sudah selesai terkait bungkus membungkus. Maka jangan sampai terlewatkan untuk mencantumkan alamat tujuan serta nomor telepon yang dapat dihubungi. Jika tulisan alamat memakai bahasa yang cukup asing seperti tulisan China. Maka tulisan alamat dapat dilakukan penyesuaian dengan bahasa alamat yang dituju.

5. Berikan Perlindungan Anti Air

Daftar terakhir untuk hal yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan pengiriman barang ke negara lain yaitu memberikan tambahan terhadap bahan yang anti terhadap air. Dimana tujuannya tidak lain yaitu supaya barang yang ada dapat terlindungi dengan baik. Adapun tambahan perlindungan tersebut dapat berupa selotip yang memiliki warna bening.

Jika ingin lebih aman lagi, pengusaha dapat melakukan pelapisan kemasan dengan memakai plastik kedap udara yang juga mempunyai warna bening. Untuk lebih gampangnya mengenai pengemasan barang ini pengusaha dapat mencari tahu tata caranya melayu sejumlah platform yang ada.

Demikian pembahasan terkait 5 hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menjalankan pengiriman barang dagangan ke luar negeri dengan mudah. Tata cara di atas kiranya penting diketahui terutama bagi pengusaha ekspor. Mengingat dalam sebuah pengiriman barang, proses pengemasan memang cukup tergolong penting. Pasalnya hal ini dapat berpengaruh terhadap kualitas barang hingga sampai di tujuan.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button