Bisnis

Cara Merintis Usaha Kuliner Online

Bosan dengan pekerjaan kantoran dan ingin beralih menjalankan bisnis? Solusi alternatif yang bisa diterapkan salah satunya yaitu dengan merintis usaha kuliner online yang tengah marak dilakukan sebagian besar orang. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Usaha Kuliner Online

Merintis usaha kuliner online saat ini memang berpeluang besar untuk mendapatkan sejumlah keuntungan, bagaimana tidak? Di tengah kondisi yang masih belum stabil akan pandemic, sebagian besar orang masih takut untuk keluar rumah. Membuat banyak orang pun lebih mengandalkan makanan yang bisa dipesan secara online.

Sudah menjadi hal yang biasa, bahwa bisnis makanan merupakan usaha yang paling potensial. Pasalnya permintaan terhadap makanan tidak akan habis dan terus berkelanjutan. Belum lagi kehadiran dari produksi yang mudah, membuatnya jadi usaha yang paling disukai.

Kemajuan teknologi di tambah lagi dengan jaringan yang sudah memadai di setiap wilayah Indonesia mendukung hadirnya sejumlah platform online. Platform online tersebutlah yang nantinya dimanfaatkan untuk merintis bisnis. Membuat para pengusaha makanan tidak perlu lagi menyewa tempat atau warung untuk berjualan.

Cara Merintis Usaha Kuliner Online

Berminat merintis usaha kuliner online di masa pandemic saat ini? Para pemula tidak usah khawatir dan cemas untuk memulainya. Terdapat beberapa cara yang bisa coba diterapkan agar usaha bisa berjalan dengan lancar, berikut penjelasannya yaitu:

1. Temukan Ide

Hal paling utama yang harus dilakukan untuk bisa memulai usaha kuliner yaitu menemukan ide kuliner yang akan dijual. Pastikan untuk menghindari usaha berdasarkan hal yang tengah viral dan ikut tren saja. Alasannya jika pemula hanya ikut ikutan, maka usaha yang baru dirintis pun tidak akan bertahan lama.

Jadi pastikan bahwa ide untuk usaha tersebut memang menjadi jati diri dan ciri khas tersendiri. Tunjukan keunggulan dari produk makanan atau minuman yang dijual, sehingga mampu menarik perhatian pelanggan. Pastikan juga dalam usaha tersebut ada ketertarikan dan minat, sehingga ketika menjalankannya bisa terjaga komitmen.

2. Survei Pasar

Berikutnya para pemula yang ingin merintis usaha kuliner online bisa melakukan survei pasar dengan melihat jenis makanan yang dibutuhkan konsumen. Tidak hanya itu, dengan melakukan survei akan terlihat bagaimana harga yang diterapkan di pasaran. Memungkinkan taktik persaingan harga nantinya bisa dimainkan.

Survei menjadi hal yang penting dilakukan bagi para pengusaha pemula yang akan menjalankan sebuah bisnis. Hal tersebut dilakukan guna melihat bagaimanakah perkiraan daya beli masyarakat. Memungkinkan analisis kesuksesan usaha kuliner yang akan dijalankan pun bisa diprediksi.

3. Miliki Modal Awal

Bisnis kuliner yang dijalankan memang dilakukan secara online, namun yang namanya modal usaha tetap harus dimiliki. Untuk sebuah awal usaha, modal yang kecil pun sebenarnya cukup, tergantung dari jenis kuliner yang akan dihadirkan. Pengusaha pemula yang kekurangan dana di awal bisa menyiasatinya dengan mencari teman yang bisa diajak bekerja sama.

Jika tidak mendapatkan teman kerja sama yang dirasa cocok untuk merintis usaha kuliner, pemula bisa mengajukan pinjaman pada bank. Setelah usaha kuliner berjalan, keuntungan yang didapatkan pun bisa disisihkan untuk modal tambahan. Jangan lupa juga untuk membuat perkembangan usaha dan mengeluarkan uang pinjaman awal yang dipakai.

4. Ketahui Target Konsumen

Apa pun bisnis kuliner yang tengah dijalani, tentu mempunyai target konsumennya masing masing. Hal tersebut bisa ditentukan setelah mengetahui ide apa yang akan dijual secara online. Pastikan bahwa pengguna sudah mengetahui siapa yang akan menjadi konsumen dari kuliner yang akan dirintis tersebut.

5. Tentukan Pemasok Bahan

Dalam memulai sebuah usaha di bidang kuliner, mengharuskan setiap pengusaha menetapkan pilihan pemasok bahannya. Hal tersebut menjadi yang paling mendasar dan harus tahu dimana tempat yang akan menyediakan semua bahan yang akan diolah tersebut. Membuat proses produksi nantinya bisa berjalan lancar.

Minimal setiap pengusaha yang baru merintis sudah punya satu tempat pemasok yang dipercaya untuk selalu memberikan bahan baku. Pastikan juga jika pemasok selalu menyediakan bahan dalam jangka waktu yang panjang. Memungkinkan pengusaha tidak perlu lagi bingung mencari sumber bahan baku dari pemasok lainnya.

Demikianlah ulasan terkait cara merintis usaha kuliner online bagi pemula yang bisa dipahami sebelumnya terlebih dahulu. Dalam bisnis ada untung rugi, oleh karena itu persiapan serta hal dirasa penting perlu dianalisa. Memungkinkan resiko rugi dalam merintis usaha pun bisa diminimalisirkan.

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button