Bisnis

Cara Branding Produk yang Baik dan Tepat

Menciptakan suatu produk untuk dijual tentunya merupakan suatu pencapaian tersendiri. Dengan membuat produk secara mandiri, maka proses branding juga perlu dilakukan. Branding ini bisa membuat produk yang sudah diciptakan menjadi dikenal orang dan bisa meningkatkan penjualan. Tentunya, cara branding produk yang terbaik harus segera diaplikasikan.

Melalui cara atau metode branding yang tepat, maka dampak baiknya juga akan didapat oleh produk. Produk bisa melekat di benak konsumen, dan penjualan bisa meningkat. Hal ini tentunya sebuah pencapaian untuk pihak penjual atau pemilik produk. Untuk mengetahui cara branding yang paling baik, simak uraiannya di bawah ini:

1. Tentukan Ciri Khas Produk sebagai Pembeda

Metode pertama yang bisa dimanfaatkan adalah membuat ciri khas dari produk. Saat ini, pesaing sudah semakin banyak di pasaran. Maka dari itu, membuat ciri khas merupakan langkah awal yang bisa segera dilakukan. Ciri khas pembeda ini bisa diterapkan di beberapa aspek pilihan yang ada di dalam produk.

Bisa pada nama, kemasan, produk itu sendiri, atau pada aspek lainnya. Jika salah satu komponen ini unik atau berbeda secara nyata dari pesaing, maka produk yang sudah dibuat akan melekat di benak konsumen. Saat produk sudah melekat dengan baik, maka proses branding bisa dikatakan memberi hasil positif.

2. Beri Nama yang Tidak Sulit dan Mudah Dipahami

Persoalan nama tentunya sangat krusial dalam branding produk. Pemilihan nama produk memang harus diperhatikan dengan baik karena bisa memberi citra pada produk yang bersangkutan. Memilih nama yang unik memang penting. Namun jika nama sulit diucapkan, sulit diingat, atau terlalu panjang maka hasilnya juga kurang baik.

Hal ini justru membuat konsumen malas untuk mengingat produk tersebut. Alangkah lebih baik jika memilih nama yang singkat dan mudah dipahami namun tetap unik atau melekat di benak. Hal ini akan jauh lebih efektif daripada hanya mengedepankan unsur uniknya saja tanpa memperhatikan aspek pendukung lainnya.

3. Pasang Iklan

Jika teknis pada penamaan dan ciri khas selesai, maka bisa langsung beralih ke aspek pemasaran. Branding produk bisa dilakukan dengan memasang iklan. Saat ini, perkembangan teknologi merupakan salah satu yang paling pesat. Maka dari itu, pemasangan iklan secara digital juga bisa dijadikan solusi pilihan.

Dibandingkan hanya dengan memasang spanduk di pinggir jalan, memanfaatkan iklan digital jauh lebih efektif. Ada banyak pilihan iklan digital yang bisa dimanfaatkan. Pemilihannya tergantung pada target pasar dan pemanfaatan strateginya. Dengan memakai iklan digital ini, maka proses branding bisa dilakukan dengan lebih cepat.

4. Manfaatkan Media Sosial

Cara branding produk selanjutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Bukan lagi rahasia jika pemakaian media sosial bisa dikatakan yang paling efektif untuk diterapkan. Saat ini, hampir semua golongan masyarakat berpegang pada media sosial untuk berbagai kebutuhannya. Maka dari itu, memanfaatkan media sosial untuk branding juga tergolong langkah paling pas.

Sudah ada banyak metode pemanfaatan media sosial yang bisa diterapkan. Setiap pemilik produk bisa mencoba menerapkan fitur yang ada untuk melakukan branding produk. Namun perlu diperhatikan bahwa branding menggunakan media sosial ini perlu konsistensi. Semakin aktif, maka hasil yang didapat juga semakin baik.

5. Ikuti Event Tertentu

Mengikuti event atau kegiatan-kegiatan yang memperkenalkan produk baru juga bisa dilakukan dan diikuti. Saat ini sudah ada banyak kegiatan bazar atau pameran yang memfasilitasi masyarakat untuk melakukan hal ini. Dengan adanya kegiatan seperti ini, maka tiap pemilik produk bisa memperkenalkan produknya dengan menyeluruh sekaligus menjualnya.

Langkah ini tergolong yang cukup efektif karena bisa bertemu dengan pihak konsumen secara langsung. Semakin sering mengikuti kegiatan serupa, maka cakupan konsumen juga akan semakin luas. Jadi, selain memperkenalkan produk yang dibuat juga bisa melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen.

Daftar metode atau cara branding produk di atas tentunya bisa segera diterapkan dengan baik. Semua poin yang sudah dijabarkan tentunya bisa memberi dampak besar terhadap kelangsungan penjualan produk. Jika branding dilakukan dengan tepat, maka hasil dan keuntungan yang diraup juga semakin banyak.

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button