SMA

Bagaimana perbedaan antara teks laporan hasil observasi dan deskripsi?

Bagaimana perbedaan antara teks laporan hasil observasi dan deskripsi?

Pembahasan

Teks deskripsi adalah ragam teks yang bertujuan menggambarkan objek yang bersifat khusus dengan sejelas-jelasnya. Ketika membaca atau mendengar pembacaan teks tersebut pembaca atau pendengar seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan sebagaimana yang digambarkan pada teks. Teks laporan hasil observasi adalah laporan atau karya tulis yang disusun secara sistematis berisi laporan kegiatan yang diamati. Berdasarkan pengertian tersebut, berikut perbedaan antara teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi.

  • Teks laporan hasil observasi bertujuan melaporkan hasil pengamatan secara objektif dan sistematis untuk memecahkan permasalahan atau menguji suatu teori.
  • Teks deskripsi bertujuan memberi gambaran kepada para pembaca atau pendengar tentang objek yang digambarkan dalam teks secara terperinci.
  • Teks laporan hasil observasi ditulis secara objektif dan netral, sementara teks deskripsi dapat ditulis dengan objektif atau subyektif.
  • Teks laporan hasil observasi terdiri atas 4 struktur utama: definisi umum, definisi bagian, definisi manfaat, dan penutup. Sementara itu, teks deskripsi terdiri atas 3 struktur utama yaitu identifikasi, deskripsi bagian, dan penutup.

Dengan demikian, perbedaan antara teks laporan hasil observasi dan deskripsi terlihat dari tujuan teks, cara penulisan teks, dan struktur teks.space 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button