Bisnis

Cara Mencari Supplier Dropship yang Terpercaya

Saat ini, metode untuk berjualan sudah sangat beragam. Salah satu yang populer adalah metode dropship dengan segala kemudahannya. Dengan metode ini, maka tidak perlu modal besar atau menyetok barang di awal. Namun sebelum menjadi dropshipper, harus tahu dulu cara mencari supplier dropship yang paling terpercaya.

Jika sudah ditemukan supplier yang tepat, maka proses berjualan bisa dilakukan dengan mudah. tentunya, proses pemilihan ini bergantung pada beberapa aspek pentingnya. Setidaknya ada lima metode yang bisa dijadikan acuan. Untuk mengetahuinya, simak daftar yang ada di bawah ini secara menyeluruh:

1. Cari Supplier dengan Pengiriman yang Cepat

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencari supplier dengan proses pengiriman yang cepat. Dikatakan supplier pastinya melakukan pengiriman yang banyak dalam satu waktu. Maka dari itu, umumnya proses pengiriman akan dilakukan per hari. Hal ini tentunya bisa dikatakan sebagai proses pengiriman yang cepat.

Namun jika prosesnya lama dan sampai ke hari berikutnya, maka ini sudah tergolong lama. Sebagai dropshipper, tentunya harus mencari supplier yang paling cepat. Jika terlalu lama dalam pengiriman, maka barang juga tidak cepat sampai. Akhirnya, hal ini bisa berpengaruh pada kepuasan pelanggan yang menanti barang.

2. Pastikan Supplier Responsif

Metode lain yang bisa dilakukan adalah mencari dan memastikan supplier responsif. Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Jika memilih supplier yang tidak cepat tanggap membalas pesan atau tidak responsif, maka hal ini akan berimbas pada proses yang dilakukan. Saat memesan barang kemungkinan akan ada beberapa hal yang ditanyakan.

Maka dari itu, respon cepat dari supplier sangat diperlukan di sini. Bagi dropshipper yang ingin mencari supplier terbaik, maka harus mengecek hal ini terlebih dahulu. Apabila ternyata responnya tidak terlalu baik, maka jangan dipilih. Cari saja supplier lain dengan produk serupa dan tentunya dengan respon yang cepat.

3. Pilih Supplier dengan Produk yang Bagus

Cara mencari supplier dropship yang ketiga adalah dengan berpaku pada kualitas produknya. Saat ini memang sudah banyak supplier dengan produk-produk tertentu. Namun tentunya tidak semua berkualitas. Agar produk yang dihasilkan berkualitas, maka perlu dilakukan pengecekan atau memesan sampel terlebih dahulu.

Dengan melakukan hal ini, maka tiap dropshipper bisa tahu apakah produk dari supplier tersebut berkualitas atau tidak. Jika tidak melakukan hal ini, maka akan sangat berbahaya. Bisa jadi produk hanya bagus di foto namun tidak untuk produk nyatanya. Meski sudah ada banyak ulasan, namun akan lebih baik jika membuktikannya langsung.

4. Pastikan Supplier Memiliki Media yang Memadai

Selain semua cara di atas, memilih supplier dengan media yang memadai juga bisa dijadikan pilihan. Maksud dari media ini adalah platform atau alat tertentu yang bisa membantu proses orderan. Jika supplier hanya berpaku pada penggunaan pesan WhatsApp, maka hal ini akan sangat berisiko untuk pihak dropshipper.

Bisa jadi ada orderan yang terlewat selama proses dilakukan. idealnya, pihak supplier memiliki media yang memadai untuk segala proses order. Dengan demikian, orderan yang masuk tidak akan terlewat dan bisa diproses dengan lebih baik. Bagi pihak dropshipper yang ingin menerapkan metode ini tentunya harus melakukan pengecekan berkala.

5. Pilih Supplier dengan Manajemen yang Baik

Metode terakhir yang sangat direkomendasikan adalah memilih supplier dengan manajemen yang baik. Untuk segi manajemen ini bisa muncul dari berbagai aspek. Bisa dari kebijakan kerja sama, dari kebijakan pengembalian barang, dan lain sebagainya. Jika semua komponen ini jelas dan adil dari pihak supplier, maka bisa segera dipilih.

Namun jika bertemu dengan supplier yang tidak menerapkan komponen tersebut dengan baik, maka akan sangat beresiko untuk pihak dropshipper. Ditakutkan akan terjadi kondisi yang merugikan dan tidak diselesaikan dengan baik sesuai aturan. Hal ini tentunya akan menjadi komponen krusial yang sangat disayangkan jika sampai terjadi.

Semua metode atau cara mencari supplier dropship di atas harus diaplikasikan dengan baik. Setiap poinnya akan sangat penting dan bisa memberi dampak pada proses berjualan yang dilakukan. Jika sudah menemukan supplier yang tepat, maka segala prosesnya juga akan lebih mudah dan keuntungan bisa semakin besar.

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button