Bisnis

5 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp Terefektif

Ada berbagai media yang dapat dimanfaatkan untuk berjualan online. Salah satunya yaitu menggunakan WhatsApp. Cara jualan online laris di WhatsApp pasalnya mampu menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Terlebih ada banyak fitur-fitur di WhatsApp yang mendukung kegiatan ini. Salah satunya adalah layanan share location yang dapat mempercepat kurir dalam mengirimkan produk ke pelanggan.

Berjualan melalui WhatsApp tidak hanya dapat menjangkau pasar yang luas saja, namun cara ini terbilang lebih efisien. Penjual juga bisa menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pelanggannya. Berikut ini cara pemasaran produk yang bisa dilakukan melalui WhatsApp:

1. Buat Akun WhatsApp Business

Untuk mengoptimalkan penjualan online melalui WhatsApp maka perlu membuat akun WhatsApp Business terlebih dahulu. Dengan adanya akun bisnis ini, maka pelanggan bisa percaya bahwa pemilik toko online seorang profesional. WhatsApp Business sendiri hadir dengan berbagai fitur yang dapat mengotomatiskan, menanggapi pesan cepat, menyortir serta menawarkan pengalaman berbelanja kepada pelanggan.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui PlayStore. Pastikan menggunakan satu nomor khusus untuk penjualan. Buatlah profil bisnis dengan berbagai informasi yang bermanfaat seperti alamat dengan peta, deskripsi bisnis, jam buka, situs web dan email. Agar pelanggan mengetahui produk maupun jasa yang dijual, maka buatlah katalog produk lengkap dengan deskripsi dan harga.

2. Rekomendasikan Produk Secara Langsung

Agar jualan online laris, berikanlah rekomendasi produk secara langsung kepada pelanggan. Optimalkan penggunaan fitur yang tersedia di WhatsApp. Penjual bisa menawarkan produk dan membagikan detail produk langsung melalui fitur tersebut. Akan lebih menarik jika penjual juga menyediakan foto katalog produk. Dengan demikian, tidak perlu repot lagi memilih foto produk kepada pelanggan.

Beberapa orang memang menyukai pesan yang lebih personal. Karena pelanggan merasa lebih dihormati dan dekat. Penjual bisa mengirimkan pesan yang dipersonalisasi langsung ke banyak kontak sekaligus. Walaupun demikian, jangan terlalu sering mengirimkan pesan broadcast, karena bisa dianggap sebagai spam yang berujung pemblokiran.

3. Buat Konten Marketing yang Kekinian

Cara jualan online laris di WhatsApp yaitu melakukan promosi iklan dengan cara terbaik. Penjual bisa menggunakan strategi pemasaran baik offline maupun online. Apabila memiliki toko secara fisik, maka cantumkan nomor WhatsApp untuk memperluas jaringan. Jika ingin melakukan pemasaran secara online, maka bisa menggunakan berbagai platform lainnya seperti Facebook, Instagram, TikTok dan masih banyak lagi.

Agar semakin laris, buatlah konten marketing yang kekinian. Dengan adanya konten tersebut akan menarik pelanggan untuk bertransaksi. Buatlah konten yang sesuai dengan tren pasar saat ini. Konten ini bisa disebarkan melalui WhatsApp maupun platform lainnya.

4. Menjalin Hubungan Dekat dengan Pelanggan

Pelayanan yang baik akan memberikan poin tersendiri di mata pelanggan. Maka dari itu, jalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Penjual bisa aktif memberikan berbagai informasi yang bermanfaat melalui WhatsApp. Sapalah pelanggan dengan ramah, sigap dan responsif. Dengan demikian, pelanggan akan merasa aman dan nyaman ketika berbelanja.

Terlebih saat ini sudah banyak platform chat e-commerce yang dapat dihubungkan ke WhatsApp. Dengan adanya platform ini, penjual dapat membalas pesan dalam waktu yang bersamaan. Karena platform tersebut memiliki fitur chat box yang memungkinkan penggunanya menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan dengan lebih cepat. Misalnya pertanyaan terkait area pengiriman, metode pembayaran dan lainnya.

5. Manajemen Kontak

Untuk memaksimalkan pendapatan melalui WhatsApp maka perlu mengelola kontak pelanggan. Penjual bisa mengelola kontak menjadi beberapa kategori. Artinya, penjual harus memilih kontak mana saja yang potensial untuk ditindaklanjuti. Penjual juga harus menentukan kontak mana saja yang sudah lama tidak dihubungi.

Dengan melakukan manajemen kontak ini, penjual bisa mengirimkan pesan kampanye sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tentunya harus menyisipkan kata-kata call to action di setiap kampanye tersebut. Salah satu contoh kalimat call to action adalah “Beli Sekarang!”. Dengan menggunakan kalimat call to action, sangat berperan penting dalam mempengaruhi pelanggan untuk melakukan transaksi.

Itulah beberapa Cara jualan online laris di WhatsApp  yang perlu dilakukan. Dengan menerapkan beberapa cara di atas, maka penjualan melalui WhatsApp bisa dilakukan lebih maksimal. Terlebih sebanyak 83% dari pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp. Sehingga, WhatsApp memberikan peluang emas bagi penjual yang ingin menjangkau pasar yang lebih luas.

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button