Bisnis

6 Contoh Bisnis Ekspor Modal Kecil yang Potensial

Saat ini masih jarang pelaku bisnis yang terjun ke dunia bisnis ekspor, sehingga hal ini menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Ketika ingin menggeluti di bisnis ekspor, maka perlu mengetahui contoh bisnis ekspor modal kecil yang berpeluang. Berikut ini beberapa contoh bisnis ekspor yang menjanjikan:

1. Kuliner

Salah satu bisnis ekspor yang mampu bersaing dengan ketat di luar negeri adalah bisnis kuliner. Ada banyak contoh bisnis kuliner yang layak dicoba. Mulai dari rendang Padang, keripik singkong, rambak, sambal, gudeg Jogja dan lainnya. Pelaku usaha bisa mengekspor produk kuliner ke berbagai negara agar produk tersebut beredar di supermarket mancanegara.

Selain itu, bisnis kuliner yang bisa memberikan keuntungan besar yaitu membuka restoran khas Indonesia. Usaha ini sangat menjanjikan dan sudah diakui oleh duta besar Indonesia. Salah satu negara yang saat ini belum tersedia restoran khas Indonesia adalah Italia. Pelaku usaha dalam negeri bisa mengembangkan bisnis yang potensial ini.

2. Coklat dan Kopi

Produk ekspor terbaik yang bisa dicoba yaitu penjualan kopi dan coklat. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia menjadi negara penghasil coklat dan kopi terbaik di dunia. Kedua produk ini bisa diterima oleh pasar internasional. Apalagi tidak ada penolakan dari negara manapun terkait ekspor coklat dan kopi.

Dengan demikian bisnis ekspor ini sangat menguntungkan. Khususnya bagi para petani kopi dan coklat. Produk ini bisa diekspor dalam bentuk bahan mentah maupun sudah diolah menjadi makanan food and beverage. Pastikan kualitas produk terjamin sehingga bisa diterima di berbagai negara.

3. Benda yang Bernilai Seni

Salah satu contoh bisnis ekspor modal kecil yang potensial yaitu menjual benda-benda yang bernilai seni. Terlebih ketertarikan warga asing akan budaya Indonesia sangatlah tinggi. Hal ini menjadikan benda yang bernilai seni sangat menguntungkan bagi pelaku usaha.

Adapun benda-benda bernilai seni yang dimaksud adalah produk langka dan asli sehingga memiliki nilai seni yang tinggi. Misalnya, alat musik tradisional, patung, lukisan dan masih banyak lagi. Benda-benda seni ini dapat dipasarkan dengan cara lelang di situs online. Selain itu, pemasaran juga dapat dilakukan dengan cara membuka galeri atau melalui pasar seni.

4. Furniture dan Kerajinan Kulit

Produk ekspor berikutnya yang menawarkan keuntungan besar yaitu di bidang furniture dan kerajinan kulit. Pasalnya, nilai ekspor dari produk furniture Indonesia kini meningkat pesat. Sehingga pemerintah mengajak para pelaku usaha dalam negeri untuk mengekspor furniture berbagai negara. Seperti Spanyol, Eropa Barat dan lainnya.

Beberapa barang yang diterima dengan baik oleh pasar mancanegara yaitu alas kaki, produk furniture, dan produk kerajinan kulit. Beberapa produk kerajinan kulit yang berpeluang di antaranya yaitu tas, dompet, sepatu, jaket dan lainnya. Selain kerajinan kulit, kerajinan tangan yang terbuat dari bahan kayu juga cukup potensial untuk diekspor ke luar negeri.

5. Buah-buahan

Menjadi negara tropis, Indonesia sangat kaya akan sayur dan buah-buahan. Selain sayur, ada berbagai jenis buah yang sangat berpeluang di bidang ekspor. Seperti alpukat, pisang, jeruk, pepaya, apel, lengkeng, mangga, sirsak dan lainnya.

Untuk diketahui bahwa manusia sangat membutuhkan asupan buah-buahan. Dikarenakan mengandung vitamin dan mineral yang cukup sehingga bisa menyehatkan tubuh. Tidak heran jika peluang usaha ini sangat terbuka lebar. Tidak mustahil jika pelaku usaha ekspor di bidang buah-buahan akan menjadi jutawan.

6. Batik

Kain batik merupakan ciri khas Indonesia yang populer di berbagai mancanegara. Warga negara asing menganggap bahwa kain batik memiliki keunikan dan estetika yang tidak diragukan lagi. Tidak heran jika masyarakat luar negeri menyukai salah satu nilai seni ini. Bahkan tidak sedikit yang ingin mengenakan pakaian batik dengan cara membelinya.

Berdasarkan hal ini, pakaian batik sangat berpeluang menjadi bisnis yang menjanjikan di bidang ekspor. Saat ini permintaan pasar internasional terkait batik sangat tinggi. Beberapa negara yang sangat berpeluang untuk bisnis batik ini antara lain Jepang, Spanyol dan Amerika Serikat.

Itulah beberapa contoh bisnis ekspor modal kecil yang sangat menggiurkan. Sebenarnya masih banyak contoh bisnis ekspor yang berpeluang besar di pasar global. Tentunya semua produk yang berhasil tembus ke pasar luar negeri dapat menambah devisa sekaligus pendapatan negara. Dengan begitu masyarakat Indonesia juga semakin sejahtera.

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button