Bisnis

Yuk Kenali Bisnis Valuta Asing yang Menguntungkan

Valuta asing adalah jenis mata uang asing yang bisa digunakan untuk perdagangan Internasional yang sering juga disebut sebagai Valas. Ternyata Valas ini bisa dijadikan bisnis dan investasi yang cukup menguntungkan saat ini. Bagi yang penasaran, simak dulu pengertian, keuntungan dan cara memulai bisnis Valuta Asing di bawah ini:

Apa itu Bisnis Valuta Asing?

Beberapa orang mungkin jarang mendengar bisnis Valas ini. Bisnis valuta asing adalah sebuah bisnis yang dijalankan dengan melakukan membeli dan menjual mata uang asing. Jadi, pengguna bisa membeli jenis mata uang asing yang diinginkan, lalu bisa dijual ketika kurs mata uang naik.

Bisa dibilang bisnis Valas ini serupa dengan trading, dimana pengguna harus terus mengamati grafik. Hal ini dilakukan karena kurs mata uang asing selalu mengalami kenaikan dan penurunan. Jadi pengguna harus selalu mengamati pergerakan harga kurs uang asing. Beberapa pilihan valuta asing yang bisa dipertimbangkan adalah Dollar, Yen, Euro dan lainnya.

Keuntungan Bisnis Valas

Dari banyak jenis bisnis digital, bisnis Valas ini bisa menjadi pilihan bisnis yang bisa dipertimbangkan. Hal ini dikarenakan bisnis Valas ini cukup praktis dan memiliki beberapa keuntungan. Berikut ini penjelasan tentang keuntungan dari bisnis Valas:

1. Resiko Devaluasi Rendah

Pada umumnya, mata uang di seluruh dunia memang akan mengalami devaluasi dan fluktuasi. Devaluasi adalah penurunan harga mata uang. Namun salah satu keuntungan dari menjalankan bisnis Valas ini adalah resiko devaluasi pada mata uang asing cukup rendah. 

Jika pengguna memilih mata uang asing dari negara yang perekonomiannya kuat, maka akan jarang mengalami devaluasi. Dibanding devaluasi, mata uang asing dari negara yang kuat tentu akan terus mengalami kenaikan. Jadi pengguna akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

2. Bisa Digunakan untuk Bertransaksi di Luar Negri

Keuntungan lainnya dari bisnis Valas ini adalah uangnya bisa digunakan untuk bertransaksi di luar negeri. Misalnya ada rencana ingin pergi liburan ke luar negeri tahun depan. Jika pengguna sudah memiliki simpanan mata uang asing dari bisnis Valas, maka tidak perlu repot menukar mata uang asing lagi.

3. Profit yang Didapatkan Cukup Besar

Setiap tahunnya kursi mata uang asing akan selalu mengalami perubahan. Profit yang akan didapatkan dari selisih nilai jual dan nilai beli ini cukup besar. Jadi keuntungan yang akan didapatkan pengguna akan semakin besar terutama jika terjadi fluktuasi.

Cara Memulai Bisnis Valas

Beberapa pengguna mungkin masih bingung dengan cara memulai bisnis Valas ini. Karena untuk mengakses mata uang asing tentunya tidak semudah saat ingin mengakses mata uang di dalam negeri. Bagi yang tertarik untuk menjalani bisnis ini, berikut ini adalah cara memulai bisnis Valas:

1. Pilih Platform Terpercaya

Bisnis Valas bisa dilakukan di berbagai macam platform, dulunya jika ingin membeli valuta asing, maka pengguna harus beli dari money changer. Namun saat ini sudah tersedia berbagai jenis platform yang bisa digunakan untuk membeli valuta asing. Beberapa contohnya adalah Bibit, HSB Investasi, Peluang dan lainnya.

Yang perlu diperhatikan adalah pilihlah platform untuk membeli Valas yang terpercaya. Jika perlu pilihlah platform yang telah diawasi oleh OJK atau Kominfo. Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan dan juga kerugian yang cukup besar. Jadi sebelum memilih platform yang ingin digunakan, lakukanlah riset terlebih dahulu.

2. Pilih Jenis Valuta Asing

Setelah menentukan platform yang paling sesuai, maka pilihlah jenis valuta asing yang ingin dibeli. Jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar dan stabil, pilihlah jenis mata uang yang kuat dan minim resiko fluktuasi. Beberapa valuta asing yang bisa dijadikan pilihan adalah Dollar, Yen, dan Euro.

3. Perhatikan Kurs Sebelum Menjual dan Membeli Valas

Sebelum memutuskan untuk membeli valuta asing, perhatikan dulu kursnya. Di beberapa platform tertentu, pengguna bisa melihat kurs jual dan juga kurs beli. Jika harga kurs sedang turun, maka ini kesempatan untuk membeli, jika sedang naik maka segera jual valuta asing itu. Jadi pengguna harus terus memperhatikan harga kurs setiap saat.

Itulah sedikit pembahasan tentang pengertian, keuntungan dan cara bisnis valuta asing yang tentunya menguntungkan. Bisnis Valas ini bisa meraup keuntungan cukup menjanjikan jika mata uang yang dibeli terus stabil. Jadi pastikan untuk terus memantau nilai kurs jika ingin memulai bisnis ini.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button