Bisnis

Tips Jualan di Shopee Supaya Lebih Sukses

Penggunaan toko online di zaman yang canggih ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Salah satu jenis toko online yang banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia adalah shopee. Besarnya pengguna Shopee tersebut membuka peluang tersendiri bagi yang sering memperhatikan peluang dari segi bisnis. Bagi yang berminat untuk memulai berbisnis di shopee, berikut ada tips jualan di Shopee agar cepat laku:

1. Pasang Harga yang Bersaing

Buatlah suatu persaingan harga di antara para penjual lainnya agar bisa berkompetisi di tengah geliat pasar online. Seperti yang sudah diketahui oleh orang banyak jika kini toko online jumlahnya sudah sangat banyak. Bahkan jika ingin dihitung juga sulit karena akan selalu bertambah orang yang berjualan di toko online. 

Oleh karena itu,  tips jualan di Shopee yang pertama adalah penjual harus bertarung dengan jutaan penjual lainnya. Pertarungan tersebut dimulai dari sisi harga karena penjual bisa saja menjual barang yang sama dengan ratusan ribu penjual lainnya. 

Jika bisa memenangkan dari segi persaingan harga biasanya konsumen akan mudah datang dengan syarat kualitas barang yang baik. Namun jika hal tersebut sulit dilakukan, cobalah untuk memiliki nilai tambah lain dari barang yang dijual oleh penjual lainnya.

2. Buat Variasi Produk

Makin beragam barang yang dihadirkan dalam katalog toko penjual, semakin besar juga peluang yang bisa didapatkan. Pengunjung toko bisa saja tertarik dengan variasi barang yang banyak tersebut daripada dengan hanya satu atau dua barang saja. Minimal dalam satu toko, penjual menyediakan 10 barang dengan varian berbeda meskipun masih satu jenis barang.

Jika konsumen bisa menemukan apa yang mereka cari dan sangat menyukai barangnya, bukan tidak mungkin informasi akan tersebar. Sehingga bisa menarik pengunjung lain karena mengetahui adanya variasi produk yang beragam. Untuk proses upload produk, penjual tidak perlu khawatir karena fitur yang ada di Shopee sudah memudahkan penjual.

3. Ikuti Program Voucher

Tips jualan di Shopee berikutnya untuk bisa lebih sukses dalam berjualan di Shopee adalah dengan menggunakan program voucher yang ada. Beberapa voucher diantaranya seperti fitur bebas ongkir atau menghadirkan voucher toko. Shopee menyediakan fitur ini untuk memikat pelanggan agar ingin berbelanja di marketplace milik mereka. Dengan itu para pedagang di Shopee juga terkena imbasnya.

Hal positifnya adalah semakin memikat para konsumen untuk berbelanja di toko-toko yang ada di Shopee. Strategi ini membuat daya tarik sendiri pada aplikasi ini sehingga orang ragu untuk berpindah ke aplikasi lain. Untuk bisa mendapatkannya, penjual harus mengaktifkan akun shopee premiumnya. Setelah sudah aktif, maka pembeli bisa berbelanja di toko penjual dan mengaktifkan voucher yang mereka miliki.

4. Sebar Informasi melalui media promosi

Tips berjualan di Shopee selanjutnya adalah menyebarkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai toko yang dimiliki serta barang apa yang dijual. Pemilik toko bisa memanfaatkan banyaknya fitur yang ada di berbagai media sosial untuk mempromosikan dagangannya di toko online. Berikan juga deskripsi lengkap dan berbagai testimoni dari pelanggan yang pernah membeli produk.

Jika hal tersebut tidak cukup, tenang masih ada jalan promosi lain. Cara tersebut adalah dengan menggunakan fitur naikkan produk yang disediakan oleh shopee. Dengan fitur tersebut ada kelebihan yaitu bisa membuat produk muncul di pencarian orang lain dalam 4 jam sekali. Semakin banyak menggunakan fitur tersebut, maka semakin sering juga produk akan dilihat oleh pengguna shopee.

Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini dengan bijak dan di waktu yang pas. Hal ini perlu dilakukan karena fitur tersebut terbatas penggunaannya. Semakin sering dipakai maka tidak lama lagi fitur tersebut akan tidak bisa digunakan lagi jika mencapai batas maksimalnya.

5. Rekapitulasi Penjualan

Meskipun jalan ini menggunakan sistem online yang sudah otomatis mencatatkan penjualan, bukan berarti penjual bisa dengan santai mengabaikannya. Penjual harus tetap melakukan rekapitulasi hasil dari penjualan yang dilakukan. Dengan itu penjual bisa memiliki catatan rinci dari hasil jualannya, catat semua perputaran uang yang pernah dilakukan.

Itulah sedikit tips jualan di shopee agar lebih sukses dan memiliki banyak penjualan. Berjualan di online shop saat ini sudah sangat sulit karena persaingannya yang ketat dengan ribuan bahkan mungkin jutaan penjual yang ada diluar sana. Ini bisa menjadi motivasi tersendiri bagi penjual baru untuk bisa berjaya di tengah persaingan pasar yang ketat tersebut.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button