Bisnis

Cara Jualan Donat Online, Dijamin Laris

Rasanya yang manis, teksturnya yang empuk dan lembut membuat donat tidak kehilangan penikmatnya hingga sekarang. Apalagi sekarang banyak donat dengan toping atau rasa yang menarik untuk dicoba. Maka, tidak heran jika banyak orang yang ingin berjualan donat secara online. Jika ingin jualan donat online, tentunya ada banyak hal yang perlu diketahui.

Dengan mengetahui apa saja hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan, maka merintis usaha donat menjadi lebih mudah dan terarah. Apalagi banyak kompetitornya sehingga berjualan donat secara online tidak boleh gegabah. Berikut ini adalah ulasan tentang cara jualan donat online agar laris manis:

1. Menemukan Resep Donat Terbaik

Cara pertama jika ingin berjualan donat yang laris tentu saja dengan menemukan resep donat terbaik. Kini ada banyak resep donat yang tersedia di internet yang bisa dipraktikkan. Hal ini memang menyita energi, waktu, dan uang namun tahap penemuan resep terbaik adalah pondasi yang harus dimiliki jika ingin donat yang dijual secara online laris.

Misalnya, bisa tentukan dahulu ingin membuat donat dengan berbahan dasar kentang atau tepung, kemudian kumpulkan beberapa resep yang paling baik untuk dipraktikkan. Pastikan donat tersebut menggunakan bahan baku yang berkualitas sehingga rasanya lebih enak dan awet. Kemudian, donat yang akan dijual juga harus empuk dan juga lembut.

2. Membangun Branding

Jika sudah menemukan resep donat yang terbaik, langkah selanjutnya jika ingin jualan donat online yaitu dengan membangun branding. Dalam bisnis online, termasuk makanan, membangun branding adalah hal yang penting dilakukan untuk menarik perhatian dan diingat pembeli. Pasalnya, kini banyak orang yang juga terjun berbisnis jualan donat sehingga membangun branding perlu dilakukan.

Tentukan nama brand donat tersebut, pastinya nama tersebut harus yang mudah diingat, dieja, dan diucapkan. Pemilihan nama juga bisa berdasarkan ciri khas dari donat yang dijual. Kemudian, pilih logo yang eye-catching namun sederhana sehingga pembeli mudah mengenalinya. Pembuatan logo bisa diserahkan pada desain grafis ataupun menggunakan tools yang tersedia di website maupun aplikasi.

3. Membuat Media Sosial

Setelah membangun branding, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat media sosial. Pasalnya, kini banyak pembeli yang mencari tahu dulu seperti apa produk yang ingin dibeli melalui media sosial. Bagi penjual, media sosial bisa dijadikan sebagai ajang pengenalan produk maupun promosi bagi calon pembeli.

Buatlah media sosial yang sesuai dengan target pasar yang dituju, seperti Facebook, Instagram, maupun Tiktok. Kemudian, posting foto produk donat yang bagus dan menggiurkan. Lengkapi juga dengan caption yang bisa menarik minat pembeli. Membuat media sosial atas produk donat yang dijual memang gratis, namun jika memiliki anggaran lebih, bisa juga beriklan melalui media sosial tersebut.

4. Mendaftarkan ke Layanan Pesan Antar Makanan

Jualan donat online tentu saja lebih mudah jika mendaftarkannya ke layanan pesan antar makanan. Kini ada banyak layanan pesan antar makanan yang beroperasi, seperti GoFood, GrabFood, Shopee Food, Traveloka Eats, dan lain sebagainya. Pastinya, layanan pesan antar makanan tersebut bisa memudahkan pembeli untuk mendapatkan donat yang dijual.

Cara mendaftar menjadi merchant pada layanan pesan antar makanan tersebut juga mudah. Bahkan, jika ingin mendaftar menjadi merchant, tidak dipungut biaya alias gratis. Melalui layanan tersebut, penjual juga bisa melakukan promosi sehingga produknya bisa dikenal lebih luas di pasaran. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan pembeli pun menjadi lebih besar.

5. Terus Berinovasi

Seperti yang sudah diketahui jika ada banyak orang yang menjual donat. Bahkan, kompetitornya juga dari brand besar yang mendunia yang pastinya hampir semua orang tahu. Oleh karena itu, untuk menarik pembeli, penting untuk terus melakukan inovasi tanpa keluar dari ciri khas donat yang dijual.

Lakukanlah riset pasar, sekiranya rasa atau topping apa yang sedang ngetrend namun cocok untuk diaplikasikan pada donat yang akan dijual. Kemudian, test produk terlebih dahulu sebelum menjualnya agar mengetahui kekurangannya dan jual jika sudah sempurna.

Itulah ulasan yang menarik tentang jualan donat online yang bisa dijadikan referensi. Cobalah untuk aplikasikan semua tahapannya agar bisnis jualan donat yang dirintis menjadi laris dan sukses. Kemudian, pastikan memanfaatkan media sosial dan juga layanan pesan antar makanan agar donat yang dijual lebih banyak dikenal dan mudah dijangkau pembeli.

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button