Bisnis

7 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online yang Efektif

Punya usaha jualan barang secara online? Namun mengalami kendala karena toko online yang dikembangkan masih terasa sepi dan jarang pembeli? Tenang, berikut akan disajikan sejumlah cara meningkatkan omset penjualan online yang efektif dan mudah diterapkan. Jika penasaran dengannya, langsung saja simak penjelasan lengkapnya pada uraian yang ada di bawah ini:

1. Buat Akun Official yang Terpercaya

Hal pertama yang dapat dilakukan sebagai cara meningkatkan omset penjualan online adalah membuat sebuah akun official yang terpercaya. Penjual bisa membuatnya melalui beragam alternatif mulai dari sosial media seperti Instagram, Facebook, dan lainnya. Selain itu, juga bisa melalui marketplace online yang menyediakan rekening bersama seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sebagainya.

Keberadaan akun official ini sifatnya wajib, lantaran sebagai rujukan bagi setiap calon customer sebelum akhirnya melakukan pembelian. Untuk itu, dalam membuat akun official harus memperhatikan sejumlah poin penting. Yakni dimulai dengan profil akun yang jelas disertai alamat kantor dan nomor kontak yang mudah dihubungi. Lebih dari itu, penataan display pun diupayakan semenarik mungkin agar pelanggan merasa yakin.

2. Buat Konten yang Berkualitas

Setelah mempunyai sebuah akun official, seseorang juga perlu menyiapkan konten berkualitas untuk setiap produk yang dijual. Ini bisa dimulai dengan membuat foto produk yang jelas dengan berbagai sudut pengambilan barang. Selain itu, perlu juga melengkapi dengan deskripsi produk yang persuasif, real, dan tidak ada upaya untuk menipu pelanggan.

3. Gabung dengan Grup atau Komunitas yang Relevan

Selanjutnya, cara meningkatkan omset penjualan online yang ketiga adalah mengupayakan untuk bergabung dengan komunitas atau grup yang relevan. Ini bisa dilakukan baik melalui pesan privat seperti Whatsapp, sampai pada grup publik yang ada di Facebook. Melalui kegiatan ini, maka jangkauan pemasaran akan semakin luas sehingga meningkatkan peluang transaksi.

4. Gunakan Jasa Iklan Online

Bila penjual mempunyai budget yang cukup, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan jasa periklanan produk, khususnya via marketplace dan sosial media. Namun sebelum menerapkan tindakan ini, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan efektifitasnya. Semisal dengan memastikan penargetan dan jenis produk yang paling baik untuk diiklankan.

5. Lakukan Penjualan Secara Live

Beberapa platform media sosial dan marketplace kini melakukan inovasi dengan membuat program live yang dapat dimanfaatkan penjual untuk menjajakan produknya. Program tersebut sangat menarik, lantaran biasanya konsumen memiliki ketertarikan untuk melakukan pembelian dalam waktu yang super singkat. Hanya saja, untuk efektifitas kegiatan ini sangat tergantung dari kemampuan marketing masing-masing penjualnya.

6. Luncurkan Promosi yang Menarik

Perlu untuk ditekankan, bahwasanya salah satu motivasi terbesar yang dimiliki oleh seseorang konsumen dalam melakukan pembelian adalah karena adanya promosi yang bagus. Untuk itu, guna meningkatkan omset, penjual hendaknya membuat program promosi yang unik, semisal:

  • Memberikan diskon potongan harga tertentu yang menarik dengan rentang waktu pembelian terbatas.
  • Menyediakan promo gratis bersyarat, semisal beli barang a gratis b, beli 2 gratis 1, dan sejumlah bonus lainnya.
  • Membuat program bundling harga dengan mengombinasikan stok lama dan baru, yang bermanfaat untuk meningkatkan alur barang dan jumlah konsumen.
  • Menyebarkan voucer belanja bersyarat baik yang dapat dipakai sebelum maupun sesudah belanja dilakukan.
  • Sejumlah promosi lain yang lebih kreatif dan dapat meningkatkan peluang konsumen untuk melakukan pembelian dengan segera.

7. Tingkatkan Respon dan Sebarkan Testimoni yang Baik

Terakhir, sebagai penjual yang baik pastinya harus memberikan pelayanan yang prima kepada para konsumen agar meningkatkan potensi transaksi berulang. Dalam hal ini salah satu indikasi yang dapat ditekankan adalah keramahtamahan serta kecepatan respon dan pelayanan. Ini akan semakin besar potensinya,  jika ditunjang dengan adanya testimoni yang disebarkan. Lantaran hal tersebut bisa menjadi bukti dan pertimbangan bagi pelanggan lain yang baru datang.

Nah, itulah tadi sejumlah cara meningkatkan omset penjualan online terefektif yang dapat diterangkan. Cara tersebut selain manjur untuk mendatangkan calon pelanggan juga sangat mudah untuk diterapkan. Jadi bagaimana? Tertarik untuk mengaplikasikannya pada toko online yang dimiliki? Sebaiknya jangan menunda waktu lebih lama lagi, karena sekarang adalah saat terbaik untuk memulai!

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button