Bisnis

Syarat dan Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil Online dengan Mudah

Sebelum berkembangnya teknologi yang pesat seperti saat ini, pembuatan surat izin usaha mikro hanya dapat dilakukan secara langsung. Seseorang harus datang langsung ke kantor tertentu untuk membuat surat ini. Namun seiring berjalannya waktu, teknologi semakin canggih sehingga bisa menggunakan cara membuat izin usaha mikro kecil online.

Pentingnya Membuat IUMK

Membuat IUMK tentu sangat penting bagi seorang pemilik UMKM. Bagaimana tidak, tanpa adanya surat ini, usaha yang dijalankan dapat dikatakan ilegal atau tidak resmi. Sifat illegal ini dapat mempengaruhi perkembangan usaha yang dimiliki. Bukan hanya itu, pentingnya membuat IUMK akan dibahas lebih lanjut pada penjelasan berikut:

1. Memperoleh Jaminan Perlindungan Hukum

Keuntungan jika seseorang mempunyai IUMK sangat jelas dapat memperoleh jaminan terhadap perlindungan hukum. Dengan begitu, pemilik usaha bisa mengoperasikan usaha dengan aman dan juga nyaman. Bahkan pemilik usaha pun tidak perlu merasa khawatir dengan beragam ancaman yang beredar terkait dengan masalah perizinan.

2. Mudah Mengembangkan Usaha

Sangat mudah pula mengembangkan usaha apabila sudah mengantongi IUMK ini. Apalagi jika pemilik usaha ingin melakukan kerja sama dengan pengusaha lainnya. Maka dari itu, IUMK sangat mempunyai peran penting untuk dimiliki. Sebab jika tidak mempunyai surat izin ini, maka cukup sulit untuk mengajak pemilik usaha lain untuk bekerja sama.

3. Mudah Melakukan Pemasaran

Nah, terkait dengan proses pemasaran usaha yang sedang dirintis tentunya bisa dilakukan dengan mudah. Dimana proses pemasaran ini bisa dilakukan di kalangan internasional. Bukan hanya itu, pemilik usaha pun sangat mudah jika ingin melakukan ekspor maupun impor produk yang berkaitan dengan usaha yang dimiliki.

Syarat Pembuatan IUMK

Jika pemilik usaha ingin membuat surat ini tentu harus mengetahui terlebih dahulu terkait dengan syarat apa saja yang dibutuhkan. Tanpa mengetahui persyaratannya, pemilik usaha cukup sulit untuk membuat SIUMK. Adapun persyaratan terkait pembuatan Surat Izin Usaha Mikro Kecil akan diuraikan pada penjelasan berikut:

  • Membawa surat keterangan usaha yang diperoleh dari Kantor Desa/Kelurahan.
  • Melampirkan fotocopy KTP yang dimiliki pemohon.
  • Membawa fotocopy KK atau Kartu Keluarga.
  • Melampirkan pas photo berwarna dengan ukuran sesuai ketentuan.
  • Mengisi formulir data diri secara online.
  • Mengisi formulir terkait identitas usaha atau perusahaan secara online.

Cara Membuat SIUMK Online

Setelah mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan tentu harus pula mengetahui bagaimana cara pembuatannya secara online. Karena pembuatan IUMK ini bisa dilakukan secara online sehingga tidak lagi mendatangi kantor yang bersangkutan. Adapun cara membuat izin usaha mikro kecil online akan dijelaskan pada pembahasan berikut:

1. Membuat Akun OSS

Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pembuatan akun OSS secara online melalui situs resmi. Apabila sudah mengisi data diri dan melakukan verifikasi email maka pemohon diarahkan untuk melakukan login. Dimana pemohon melakukan login pada situs resmi yang digunakan untuk membuat akun SSO tersebut.

2. Klik Tombol Perizinan

Apabila sudah masuk ke akun yang dimiliki, maka diarahkan untuk mengklik tombol Perizinan Berusaha. Setelah itu, klik Perseorangan dan memilih usaha mikro. Jika sudah, lakukan pendaftaran dan dan mengisi formulirnya. Dimana formulir yang diisi ini harus memasukkan data diri dan data usaha yang dijalankan.

3. Klik Tombol Selanjutnya

Pengisian data diri dan data usaha pun sudah selesai sehingga pemohon diarahkan untuk mengkilk tombol selanjutnya. Nantinya akan ditemui tampilan Draft NIB dan Izin Usaha. Pada tahap ini, pemohon bisa mengecek kembali data yang telah diisi untuk memastikan tidak ada data yang keliru. Jika sudah benar, maka beri tanda centang di disclaimer dan klik proses NIB.

4. Tunggu Hingga Proses Selesai

Dalam proses NIB ini tentunya tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga pemohon bisa menunggu hingga selesai. Jika prosesnya selesai, maka akan ditampilkan cetakan NIB dan Izin Lokasi usaha. Selain itu, ditampilkan pula Izin Lingkungan dan Izin Usaha untuk kemudian dicetak oleh pemohon. Pemohon bisa mencetaknya menggunakan format QR.

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan pentingnya pelaku usaha mempunyai IUMK. Maka dari itu, jika ingin membuka usaha sebaiknya tidak lupa untuk mengurus IUMK yang dapat dilakukan secara online. Cara membuat izin usaha mikro kecil online pun cukup  mudah dilakukan jika sudah mempunyai persyaratan yang dibutuhkan.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button