Bisnis

Strategi Jual Pempek Online Agar Cepat Dilirik Pelanggan

Seiring berkembangnya teknologi yang ada, seseorang bahkan bisa berjualan hanya dari rumah saja atau disebut secara online. Dimana seseorang berjualan tanpa berkeliling untuk menawarkan dagangannya. Salah satunya dengan jual pempek online dengan memanfaatkan beragam sosial media. Hal ini memang termasuk cara yang sangat efektif untuk berjualan.

Namun sebelum berjualan pempek sebaiknya memperhatikan bagaimana strategi atau cara yang dapat dilakukan agar produk laris. Hal ini disebabkan karena banyaknya saingan yang juga berjualan produk yang sama. Dengan begitu, strategi pemasaran pun sangat penting dilakukan. Adapun strategi atau cara jual pempek online agar laris manis sebagai berikut:

1. Memilih Bahan Baku Berkualitas

Cita rasa yang dimiliki dari sebuah produk makanan tentu dipengaruhi dari pemilihan bahan baku. Jika pemilik usaha menggunakan bahan baku yang berkualitas, bisa dijamin rasa dari pempek sangat enak. Memang pemilihan bahan baku yang terbaik menjadi kunci utama apabila seseorang ingin memulai usaha produk makanan seperti pempek.

Untuk memperoleh bahan baku yang berkualitas ini, bisa mencari di supermarket. Dimana bahan yang dibutuhkan pun seperti ikan tenggiri, penyedap rasa, ebi kering, dan sebagainya. Jika memilih membeli bahan baku di supermarket tentunya sudah terjamin jika bahan tersebut masih segar. Pastikan jika cita rasa yang dimiliki sama dengan pempek khas Palembang asli.

2. Memaksimalkan Pemasaran Menggunakan Sosmed

Apabila sudah melakukan pemilihan bahan baku yang berkualitas, pembuatan pempek tentu sudah siap dilakukan. Jika proses pembuatannya pun dianggap sudah selesai, maka pemilik usaha bisa langsung memasarkan. Caranya, dengan memaksimalkan pemasaran dengan menggunakan sosmed. Hal ini disebabkan karena sosmed bisa memperoleh pasar lebih luas.

Nantinya, pemilik bisnis bisa memasang iklan atau promosi yang berkaitan dengan produk pempek yang dijual. Dimana isi dari iklan tersebut bisa berisi tentang varian pempek maupun cita rasa yang dimiliki. Pembuatan iklannya pun tidak boleh melupakan logo dari usaha yang dimiliki. Cara ini tentu dapat memaksimalkan proses pemasaran yang dilakukan.

3. Memanfaatkan Marketplace

Selain memanfaatkan akun sosial media yang dimiliki untuk berjualan, pemilik usaha juga bisa melirik marketplace. Sebab aplikasi belanja online tersebut sudah pasti setiap hari dikunjungi oleh pengguna smartphone. Nantinya pemilik usaha bisa memasarkan produknya dengan mencantumkan harga yang ditawarkan setiap produk.

Pemasaran pempek pun dapat dilakukan dengan keadaan frozen food. Selain itu, jika sudah ada yang membeli pempek melalui marketplace sebaiknya gunakan kemasan yang aman. Apalagi jika pembeli atau pelanggan berasal dari luar daerah tentu makanan ini harus tahan lama. Menggunakan kemasan teknologi vakum tentu dapat meminimalisir terjadinya kebusukan makanan.

4. Selalu Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Meskipun produk yang dimiliki hanya ditawarkan secara online, namun pelanggan juga membutuhkan komunikasi yang baik dari pemilik usaha. Selain itu, komunikasi terhadap pelanggan pun tidak boleh terbatas dan pemilik usaha harus bisa menjawab pertanyaan dari pelanggan. Jika pelanggan puas dengan jawaban yang diberikan, tidak menutup kemungkinan untuk menjadi langganan.

Apabila komunikasi yang dilakukan dianggap buruk tentu pelanggan bisa saja kabur sehingga tidak berminat membeli produk yang ditawarkan. Sebab pelanggan merasa kecewa terhadap pelayanan komunikasi yang diberikan oleh pemilik usaha. Untuk menjalin komunikasi ini biasanya menggunakan fitur chat baik di sosmed maupun marketplace.

5. Memberikan Promo dan Voucher

Sekali-kali tentu tidak ada salahnya jika pemilik usaha mengadakan promo untuk produk yang ditawarkan. Dengan adanya potongan harga yang diberikan tentu membuat pelanggan berminat untuk membeli produk tersebut. Memang strategi ini dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran yang sangat bagus untuk diterapkan oleh pemilik usaha.

Selain itu, bisa juga mengadakan voucher yang diperuntukkan bagi pelanggan yang beruntung. Dimana voucher ini juga bisa memikat hati pelanggan untuk membeli produk makanan pempek yang ditawarkan. Tidak lupa juga menyediakan beragam hadiah bagi pemilik voucher yang beruntung tentunya. Pemilik usaha bisa mengadakan voucher di waktu tertentu.

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan strategi atau cara jual pempek online agar laris manis. Memang cara yang dapat dilakukan tersebut dijamin sangat ampuh untuk memikat hati pelanggan. Apalagi soal makanan khas Palembang, banyak pelanggan yang ingin mencicipi cita rasanya. Maka dari itu, lakukan strategi di atas jika ingin sukses menjalankan usaha tersebut.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button