Bisnis

Sederhana, Ini Cara Menjual Makanan di Gojek Agar Konsumen Bertambah

Membeli makanan sekarang sangat mudah. Berbekal aplikasi online bernama Gojek, masyarakat bisa menjangkau berbagai jenis makanan. Tidak heran banyak orang ingin tahu cara menjual makanan di Gojek sehingga usahanya dapat lebih berkembang. Berjualan makanan secara online berpeluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Jadi, seperti apa cara untuk berjualan makanan melalui Gojek?

Syarat Berjualan Makanan di Gojek

Agar bisa menjual makanan atau minuman melalui program GoFood, Gojek sudah menetapkan beberapa persyaratan mendasar yang wajib dipenuhi. Sebagai calon mitra Gojek, pihak penjual perlu memenuhi persyaratan seperti berikut:

  • Memiliki tempat untuk menjalankan usaha, misalnya warung makanan atau restoran.
  • Ada produk makanan serta minuman yang dapat dijual.
  • Menggunakan smartphone dengan kapasitas paling tidak 2 GB agar bisa menginstal GoBiz, aplikasi untuk mengelola usaha kuliner yang sudah didaftarkan di GoFood.
  • Menyiapkan dokumen persyaratan berupa: KTP serta NPWP dari pemilik usaha, nomor hp dan rekening yang digunakan untuk transaksi, foto selfie dengan KTP, foto buku tabungan, foto dan surat izin tempat usaha, berkas persetujuan dari kementerian, KK dan akta pendirian usaha.

Cara Menjual Makanan di Gojek

Sesudah mengetahui beberapa persyaratan yang diperuntukkan bagi pemilik usaha yang ingin menjual produknya di GoFood, berikutnya adalah mengetahui langkah menjualnya. Dimulai dari mendaftarkan produk di Gojek, berikut tahapan yang perlu dilalui untuk bisa berjualan:

1. Mendaftarkan Usaha Kuliner di Gojek

Unduh aplikasi GoBiz melalui Play Store atau App Store sesuai perangkat yang digunakan untuk mendaftarkan bisnis kuliner. Pastikan syarat berupa berkas yang disebutkan di atas sudah ada, sehingga bisa langsung melengkapinya saat mendaftar. Ikuti instruksi yang ada, isi data mulai identitas sampai data usaha.

Pendaftaran ini sifatnya gratis dan data sepenuhnya dipakai untuk mendaftarkan pengguna baru serta memverifikasi jika usaha yang dicantumkan benar adanya. Setelah selesai, pengguna akan diminta melakukan verifikasi yang biasanya memerlukan dua hari kerja. Selanjutnya adalah proses aktivasi berupa pengisian data outlet, yang selanjutnya juga membutuhkan kurang lebih dua hari.

2. Menentukan Harga Produk

Tentukan harga untuk menjual produk makanan ataupun minuman melalui GoJek. Dalam cara menjual makanan di Gojek ini, sebaiknya penjual sudah mematok harga jual terlebih dahulu di outlet. Harga tersebut nantinya digunakan sebagai harga pokok. Sebagai contoh, harga jualnya adalah 10 ribu.

Penjual dapat menetapkan harga dengan menambahkan sebesar 25% sesuai ketentuan GoFood. Jadi, 10 ribu ditambah 25% akan menjadi 12.500. Jangan lupa menambahkan 25% di setiap transaksinya sehingga tidak mengalami kerugian. Hal ini karena, sistem GoFood adalah bagi hasil yang menggunakan persentase perbandingan 80 : 20.

3. Memposting Produk yang Akan Dijual

Masukkan daftar produk yang hendak dijual di GoFood jika sudah menentukan harga jual untuk masing-masing produknya. Berdasarkan aturan yang berlaku di Gojek, penjual paling tidak perlu memasukkan tiga menu. Cara menjual makanan di Gojek berikutnya adalah seperti berikut:

  • Jalankan aplikasi GoBiz.
  • Masuk menuju “Fitur lainnya”, kemudian “Menu”, lanjutkan dengan “Menambahkan menu”.
  • Ketikan nama dari produk makanan atau minuman, diikuti dengan foto dan detail lainnya.
  • Selanjutnya geser tombol switch untuk mengaktifan menunya sehingga bisa muncul di GoFood.
  • Apabila semua informasinya sudah benar, klik “Simpan”.

4. Menerima Pesanan Masuk

Sesudah proses input daftar menu beserta harganya di GoBiz sudah selesai, berikutnya tinggal menanti pesanan yang masuk. Saat ada pesanan dari konsumen, penjual bisa langsung menerima pesanannya. Bagi yang masih bingung karena baru memulai, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka apps GoBiz, kemudian masuk menuju halaman notifikasi tempat ada pemberitahuan pesanan yang masuk.
  • Tekan “Lihat” di bagian pesanan, lalu baca rincian pesanannya secara detail agar dapat membuat yang sesuai.
  • GoBiz akan segera mencarikan driver. Apabila drivernya sudah ada, langsung siapkan pesanan dari konsumen.
  • Saat driver sampai di outlet, pastikan nama driver serta rincian pesanannya agar tidak ada kekeliruan.
  • Apabila sudah, tampilkan empat digit PIN order ke driver. Setelah itu driver akan mengirimkan pesanannya menuju alamat konsumen.

Bagaimana, cara menjual makanan di Gojek sebenarnya cukup sederhana bukan? Berjualan dari Gojek merupakan peluang yang sayang untuk dilewatkan, apalagi dengan kemudahan menggunakan smartphone untuk berbagai aktivitas. Mengingat situasi pandemi yang masih berlangsung, memesan makanan secara online dapat menjadi opsi yang lebih aman.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button