Bisnis

Cara Menjual Pulsa di Shopee

Shopee adalah salah satu aplikasi untuk berjualan dan membeli yang saat ini menjadi pilihan banyak kalangan. Beragam produk bisa dijual melalui Shopee, salah satunya adalah pulsa. Cara menjual pulsa di Shopee tentu berbeda dengan cara berjualan produk lainnya. Hal ini dikarenakan pulsa bukanlah produk nyata yang terlihat bentuknya.

Maka dari itu, jika ingin menjual produk ini harus tahu dulu bagaimana cara untuk melakukannya. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan di dalamnya. Mulai dari pengaturan produk, hingga ongkos kirimnya. Agar lebih detail dan paham, simak penjabaran yang ada di bawah ini untuk setiap poin langkah yang diperlukan:

1. Buka Shopee dan Masuk Menu “Saya”

Langkah paling awal untuk berjualan pulsa di Shopee adalah masuk dulu ke aplikasinya. Untuk melakukan langkah ini, pastikan dulu sudah memiliki akun Shopee yang siap dipakai untuk berjualan. Jaringan internet juga diperlukan, maka dari itu pastikan untuk mengeceknya terlebih dahulu agar prosesnya lancar.

Jika sudah masuk ke akun Shopee pribadi, langkah lanjutan yang harus dilakukan adalah masuk ke menu “Saya”. Letak menu ini ada di jajaran paling kanan dari daftar menu yang ada. Menu ini sendiri berisi beberapa poin yang bisa dimasuki oleh setiap pengguna. Pastikan tidak salah masuk menu agar prosesnya bisa lanjut ke yang lainnya.

2. Masuk Menu “Mulai Jual” dan Tambah Produk

Setelah masuk ke menu “Saya”, tentunya setiap pengguna akan disuguhkan dengan deretan menu lain yang bisa dimanfaatkan. Untuk memulai proses jual, maka masuk saja ke menu “Mulai Jual”. Letak menu ini ada di deretan menu yang sudah disuguhkan. Baca saja satu per satu dari atas untuk membukanya.

Agar bisa masuk secara keseluruhan ke menu “Mulai Jual” ini, maka harus mendaftar untuk melakukannya. Ikuti saja arahan yang ada agar prosesnya selesai. Setelah selesai proses pendaftaran, maka bisa masuk ke menu ini secara penuh. Untuk menambah produk yang akan dijual, langsung saja masuk ke bagian “Tambah produk”. Nantinya, pengguna akan diarahkan ke bagian lain untuk pengisiannya.

3. Isi Detail Produk dan Ongkos Kirim

Cara menjual pulsa di Shopee selanjutnya adalah dengan mengisi detail produk yang akan dijual. Ada beberapa komponen yang harus diisikan oleh calon penjual. Mulai dari nama barang, deskripsi, foto produk, harga, dan kategorinya. Untuk kategori, isikan saja “Pulsa” dan akan muncul komponen detail. Pengguna hanya perlu memilih komponen yang paling sesuai.

Untuk sementara, isikan juga komponen ongkos kirim. Meski nantinya pulsa tidak membutuhkan ongkos kirim, namun untuk langkah awal ini perlu dilakukan pengisian. Nantinya, proses pengubahan bisa dilakukan jika produk sudah selesai ditambahkan sepenuhnya. Pilih saja yang mana saja karena nantinya akan dihapus atau diubah.

4. Cek Hasil dan Masuk ke Menu “Toko”

Setelah berhasil ditambahkan, maka lakukan pengecekan untuk produk yang sudah ditambahkan. Jika ada beberapa produk lain, maka lakukan hal serupa untuk melakukan pengisian etalase. Apabila semua sudah ditambahkan, maka tiap pengguna harus masuk ke menu “Toko” untuk mulai mengatur komponen jasa kirim.

Proses ini perlu dilakukan jika semua produk pulsa sudah ditambahkan. Jadi, pastikan semua produk sudah masuk ke etalase toko agar prosesnya mudah untuk diterapkan. Apabila sudah menambah produk untuk dijual, maka menu “Toko” akan muncul untuk pengguna. Jadi, tidak perlu bingung mencarinya.

5. Masuk ke menu “Jasa Kirim Saya”

Saat sudah masuk ke bagian “Toko”, maka akan ada jajaran sub menu yang bisa dipilih. Masuk saja ke bagian “Jasa Kirim Saya”, kemudian pilih “Tanpa Jasa Ongkos Kirim” pada salah satu pilihannya. Dengan demikian, semua produk pulsa yang sudah ditambahkan di etalase tidak akan dikenai ongkos kirim untuk pengirimannya.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengecek hasilnya. Proses ini sangat penting untuk dilakukan. Jika rangkaian prosesnya berhasil, maka tiap produk akan muncul keterangan tanpa ongkos kirim. Cek saja pada bagian beranda untuk mengetahuinya. Apabila tidak muncul keterangannya, maka perlu dilakukan pengecekan langkah yang ada.

Itulah penjelasan lengkap mengenai metode atau cara menjual pulsa di Shopee yang bisa dipraktikkan. Dengan adanya urutan langkah tersebut, maka tiap pihak bisa langsung mengaplikasikannya sendiri dengan mudah. Asal urutan langkahnya jelas dan terstruktur, maka tidak akan ada hambatan yang terjadi selama prosesnya berlangsung.

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button