Bisnis

Mengenal Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Dari dulu, dunia bisnis dan pemasaran selalu dikembangkan dan banyak dibutuhkan di seluruh dunia. Dan saat ini tipe bisnis dan pemasaran secara daring cukup populer seiring berkembangnya teknologi. Oleh karena itu dibuatlah jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran atau BDP. Bagi yang tertarik dengan jurusan ini, simak dulu informasinya:

Pengertian Bisnis Daring dan Pemasaran

Beberapa orang mungkin masih tidak tahu dengan jurusan bisnis daring dan pemasaran ini. Jurusan BDP ini adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu pemasaran dan administrasi baik secara konvensional maupun secara daring. Biasanya jurusan ini tersedia untuk tingkatan SMK. Bagi yang tertarik dengan dunia bisnis, wajib mencoba jurusan bisnis ini.

Beberapa materi dasar yang akan dipelajari pada jurusan BDP adalah perencanaan bisnis, komunikasi bisnis, dan marketing. Untuk materi belajar kompetensi keahlian, akan mempelajari bisnis online, penataan produk, bisnis ritel, pengelolaan produk kreatif dan kewirausahaan. Selain itu akan dipelajari juga simulasi komunikasi digital, ekonomi bisnis, IPA, dan administrasi.

Tujuan Belajar

Setelah menempuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikan jurusan BDP ini, diharapkan siswa bisa menerapkan ilmu yang telah diajarkan. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari pembelajaran BDP:

  • Bisa menerapkan ilmu pemasaran baik secara digital maupun konvensional.
  • Menciptakan strategi pemasaran yang baik untuk bersaing dengan kompetitor bisnis lainnya.
  • Bisa berinovasi dalam mengembangkan produk untuk usaha.
  • Dapat mengurus administrasi bisnis secara umum.
  • Bisa memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen.
  • Mampu bernegosiasi dengan konsumen atau supplier.
  • Memahami ilmu bisnis dasar secara daring maupun tradisional.

Keunggulan Jurusan

Setiap jurusan pastinya memiliki keunggulan tersendiri sesuai dengan bidang yang telah dipelajari. Hal ini juga berlaku untuk jurusan bisnis daring dan pemasaran. Beberapa keunggulan dari jurusan BDP ini bisa jadi pertimbangan bagi yang tertarik dengan jurusan ini. Keunggulan dari jurusan BDP ini adalah sebagai berikut:

1. Banyak Dibutuhkan

Salah satu keunggulan dari jurusan BDP ini adalah jurusan ini menjadi salah satu ilmu yang cukup dibutuhkan saat ini. Hal ini dikarenakan dunia bisnis dan pemasaran akan terus berkembang kedepannya. Jadi dengan mendalami jurusan ini, ilmunya akan terus terpakai hingga di masa depan nantinya.

2. Bisa Meningkatkan Relasi

Salah satu keunggulan dari jurusan ini adalah bisa membantu untuk meningkatkan relasi. Hal ini dikarenakan dalam penerapan jurusan BDP ini, pelajar akan bertemu dengan banyak orang. Contohnya harus bertemu dengan calon konsumen, supplier, dan staf lainnya.

Adanya relasi ini tentu sangat berguna untuk membantu mengembangkan bisnis ataupun mencari kerja.

3. Banyak Peluang Kerja

Dalam menentukan jurusan, peluang kerja merupakan hal yang harus menjadi pertimbangan utama. Karena setiap jurusan tentu memiliki peluang kerja sesuai dengan bidangnya. Hal ini juga berlaku untuk jurusan BDP ini. Jurusan BDP ini memiliki banyak peluang kerja yang bisa dipilih, jadi siswa tidak perlu kebingungan menentukan nasib saat lulus.

Peluang Kerja 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jurusan BDP ini memiliki peluang kerja yang cukup banyak. Jadi tidak perlu kebingungan menentukan pekerjaan yang diinginkan. Berikut ini beberapa peluang kerja yang bisa dilakukan oleh jurusan BDP:

1. Wiraswasta

Pekerjaan pertama yang bisa dilakukan oleh BDP adalah wiraswasta atau membuka bisnis sendiri. Membuka bisnis sendiri tentu menjadi alternatif pekerjaan yang menguntungkan. Selain bisa mengembangkan ide sendiri, hasil yang didapatkan juga cukup besar dan bisa memberi kesempatan kerja bagi orang lain.

2. Marketing Analyst

Jika tidak ingin menjadi wiraswasta, bisa juga menjadi karyawan dengan posisi marketing analyst. Marketing analyst menjadi salah satu posisi yang cukup banyak dicari saat ini. Tugas utama dari marketing analyst adalah menganalisis tren pemasaran dan juga strategi pemasaran yang bisa diterapkan perusahaan.

3. Digital Marketing

Pekerjaan ini bisa dibilang menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan dan banyak dicari saat ini. Karena hampir semua bisnis sudah mulai mengembangkan bisnis secara daring. Oleh karena itu dibutuhkanlah seorang digital marketing yang bisa membantu untuk mengembangkan bisnis daring ini. Tugas utama digital marketing adalah menciptakan dan melakukan pemasaran produk secara daring.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian, tujuan, keunggulan serta peluang kerja untuk jurusan bisnis digital dan pemasaran. Jadi jurusan BDP ini kedepannya akan terus digunakan karena dunia pemasaran masih terus akan berkembang. Bagi yang berminat dengan jurusan ini, segera daftarkan diri ke SMK terdekat!

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button