SMP

Peranan penting daun bagi tumbuhan yaitu untuk?

Pembahasan :

Daun adalah salah satu organ tumbuhan yang tumbuh di ranting. Umumnya, daun berwarna hijau karena adanya zat hijau daun yang disebut klorofil. Bukan sekadar memberikan warna hijau, klorofil juga berfungsi untuk menangkap energi dari cahaya matahari dalam proses fotosintesis. Daun merupakan organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan. Pasalnya, tumbuhan adalah organisme autotrof, yakni makhluk hidup yang memasok kebutuhannya sendiri melalui fotosintesis, yakni konversi cahaya Matahari menjadi energi kimia. Pada proses fotosintesis, cahaya adalah sumber energi. Energi tersebut ditangkap oleh klorofil, sedangkan gas karbon dioksida dan air adalah bahan baku untuk menghasilkan glukosa dan oksigen.

Daun juga memiliki fungsi-fungsi lainnya, yakni:
a. Sebagai alat respirasi, daun berfungsi sebagai alat respirasi atau pernapasan.Organ pernapasan tumbuhan yang terletak di daun adalah stomata.
b. Sebagai alat reproduksi, daun merupakan alat reproduksi vegetatif, contohnya adalah tanaman cocor bebek yang membentuk tunas daun. Dalam hal ini, daun bertugas untuk memperbanyak tanaman.
c. Mengatur proses transpirasi, daun berperan dalam proses penguapan air melalui stomata dan kutikula.
d. Proses gutasi Dalam proses gutasi, daun menjadi tempat keluarnya cairan atau air yang berupa tetesan-tetesan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button