SMA

Anekdot tersebut termasuk ke dalam …

Cermatilah teks anekdot berikut.

Alkisah, waktu makan siang di negeri Belanda, seorang turis peserta tur asal Indonesia kangen dengan masakan khas Indonesia ala Yogya, Gudeg.

Segera dicarinya rumah makan Indonesia dan memesan gudeg. Setelah dicicipi ternyata gudeg di Belanda lebih enak daripada gudeg di Yogya yang asli sehingga membuatnya menjadi penasaran.

“Mas, apa rahasianya kok gudeg di sini rasanya lebih enak dibandingkan dengan tempat aslinya?” tanyanya penasaran.

“Oh, itu karena nangkanya, Mas. Di Yogya pakai nangka lokal, sementara kami di sini memakai nangka impor,” jawabnya.

“Emangnya impor dari mana?”

“Dari Yogya, Mas …,”

Disadur dar: Aziz Megap-Megap, “Gudeg Paling Enak” dalam Humor lwak Peyek Ngekek Sampai Tuwek, Jakarta, Citra Media Pustaka, 2012

Anekdot tersebut termasuk ke dalam …. 

A. Anekdot kritik
B. Anekdot nasihat
C. Anekdot hiburan
D. Anekdot tokoh terkenal sufi
E. Anekdot tokoh terkenal nonfiksi

Pembahasan

Anekdot kritik adalah anekdot yarig bertujuan untuk mengkritik. Anekdot kritik sering digunakan untuk mengkritik pemerintah suatu negara. Kritik dapat juga ditujukan kepada siapa pun. Kritik disampaikan dalam anekdot secara tersirat. Kadang-kadang anekdot kritik tidak menunjukkan tanda-tanqa sebuah kritik.

Anekdot tersebut termasuk ke dalam anekdot kritik. Teks tersebut menyampaikan kritik secara tersirat yaitu sindiran kepada orang-orang yang beranggapan bahwa produk impor lebih baik dibandingkan produk lokal, padahal tidak jarang produk impor memakai bahan baku yang sama dengan produk lokal. Hal itu dijelaskan pada kalimat “Oh, itu karena nangkanya, Mas. Di Yogya pakai nangka lokal, sementara kami di sini memakai nangka impor,”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button