SMA

Apa bentuk pengaruh budaya Hindu-Buddha yang masih dilakukan masyarakat setempat? 

Setelah kamu memahami kehidupan masyarakat awal Hindu-Buddha, coba amati dan perhatikanlah daerah di sekitar tempat tinggal kamu. Apakah masih ada pengaruh-pengaruh budaya masa Hindu-Buddha yang masih dilakukan? Buatlah kelompok dengan temanmu dan buatlah catatan atas permasalahan berikut ini:

Apa bentuk pengaruh budaya Hindu-Buddha yang masih dilakukan masyarakat setempat?space space

A. … undefined

B. … undefined

Pembahasan

Bentuk pengaruh budaya Hindu-Buddha yang masih dilakukan masyarakat setempat dapat dilihat dari berbagai bidang dan aspek, yang pertama dari aspek seni bangunan atau arsitektur seperti adanya candi sebagai sarana peribadatan, kemudian pengaruh aksara dan sastra khususnya yaitu bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa dibuktikan dengan semboyan negara Indonesia yang menggunakan bahasa Sansekerta yaitu Bhinneka Tunggal Ika, dari sistem kepercayaannya sendiri pengaruh Hindu-Buddha terlihat pada upacara-upacara keagamaan seperti kelahiran dan kematian, serta masih adanya pemujaan di tempat-tempat tinggi seperti di pegunungan.

Dengan demikian, bentuk pengaruh budaya Hindu-Buddha yang masih dilakukan masyarakat setempat dapat dilihat dari berbagai bidang yaitu dari seni bangunan, aksara dan sastra serta sistem kepercayaan.undefined

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button