SMA

Siapa pendukung budaya Hindu-Buddha tersebut saat ini? 

Setelah kamu memahami kehidupan masyarakat awal Hindu-Buddha, coba amati dan perhatikanlah daerah di sekitar tempat tinggal kamu. Apakah masih ada pengaruh-pengaruh budaya masa Hindu-Buddha yang masih dilakukan? Buatlah kelompok dengan temanmu dan buatlah catatan atas permasalahan berikut ini:

Siapa pendukung budaya Hindu-Buddha tersebut saat ini?undefined 

A. …undefined

B. …undefined

Pembahasan

Pendukung budaya Hindu-Buddha saat ini adalah para brahmana atau para pemuka agama Hindu dan umatnya, dan juga oleh para biksu agama Buddha yang menetap di Indonesia bersama umatnya. Selain itu, akulturasi atau percampuran budaya Hindu-Buddha dengan Nusantara yang masih ada seiring perkembangannya didukung atau dilestarikan pula oleh masyarakat lokal atau masyarakat setempat di mana budaya itu ada. Contohnya, Candi Borobudur yang juga menjadi kebanggaan Nusantara dan tetap dilestarikan bukan hanya oleh umat Buddha saja, bahkan tercatat menjadi warisan budaya oleh UNESCO.

Dengan demikian, pendukung budaya Hindu-Buddha di Indonesia adalah para pemuka agama dan umat Hindu-Buddha khususnya, serta juga dukungan dari masyarakat lokal yang ikut merasa memiliki budaya Hindu-Buddha yang berakulturasi dengan budaya setempat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also
Close
Back to top button