SMA

Bagaimana manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia?

Bagaimana manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia?

Pembahasan

Perdagangan internasional adalah perdagangan yang terjadi melewati batas dua negara. Dalam kegiatan perdagangan internasional terjadi impor dan ekspor, di mana barang diperdagangkan masuk dan keluar suatu negara. Ekspor adalah ketika suatu barang dijual keluar negeri, misalnya Indonesia mengekspor minyak sawit dan batu bara. Impor adalah ketika suatu barang dari luar negeri didatangkan ke dalam negeri, seperti perangkat komputer yang diimpor ke Indonesia. Kegiatan perdagangan ini membawa banyak manfaat seperti:

  1. Mendapatkan devisa dari ekspor. Kegiatan ekspor menjual barang ke luar negeri, yang selain menghasilkan keuntungan bagi usaha ekspor  juga menghasilkan devisa, karena ekspor dibayar dengan mata uang asing.
  2. Menciptakan lapangan pekerjaan. Kegiatan ekspor juga akan menghasilkan lowongan kerja bagi negara asal karena akan barang ekspor dihasilkan oleh industri dan kerajinan yang mempekerjakan karyawan yang direkrut dari penduduk setempat
  3. Mendapatkan barang yang tidak diproduksi di dalam negeri. Impor ini memberi keuntungan dengan menyediakan barang yang tidak diproduksi di dalam negeri. Misalnya banyak perangkat elektronik seperti komputer dan smartphone yang tidak diproduksi di dalam negeri dan harus didatangkan melalui impor dari luar negeri.
  4. Membantu masuknya teknologi baru. Dengan masuknya barang teknologi baru melalui impor, maka dapat membantu masuknya teknologi baru yang bermanfaat. misalnya adalah masuknya teknologi informasi (TI) dengan masuknya perangkat komputer dan sejenisnya.
  5. Mendapatkan pendapatan pajak. Kegiatan impor dan ekspor menghasilkan pendapatan pajak masuk dan keluar bagi pemerintah, yang dapat digunakan untuk belanja negar

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button