SMP

Tuliskan lima manfaat kincir angin dan kincir air dalam kehidupan sehari-hari!

Tuliskan lima manfaat kincir angin dan kincir air dalam kehidupan sehari-hari!

Pembahasan

Manfaat kincir untuk kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

  1. Pembangkit listrik: kincir angin seringkali dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pembangkit listrik. Di Belanda sendiri, kincir angin juga digunakan untuk pembangkit listrik yang dapat menyalakan generator listrik di kota-kota yang ada di sana.
  2. Energi yang ramah lingkungan: kincir angin merupakan salah satu sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi udara. Dengan begitu, hal ini tentu saja dapat melindungi lapisan ozon yang ada di bumi kita.
  3. Alternatif penggunaan bahan bakar fosil: kincir angin juga merupakan salah satu sumber energi alternatif yang baik sebagai pengganti bahan bakar fosil, seperti bahan bakar minya dan gas alam. Dengan ini maka cadangan bahan bakar fosil dapat berkurang penggunaannya.
  4. Membantu penyaluran air dalam irigasi: kincir angin yang dibuat dapat membantu mengalihkan aliran air dari satu parit atau saluran irigasi menuju ke saluran lainnya. Dengan begitu hal ini dapat membantu para petani untuk mengairi ladang tanpa harus repot menggalui saluran irigasi baru.
  5. Membantu mengalihkan arah angin: ketika ada angin kencang kincir angin juga dapat membantu untuk mengalihkan arah angin. Sehingga energi angin yang muncul dapat tersalurkan dan dapat mereduksi. Sehingga dengan adanya kincir angin dapat mengecilkan resiko munculnya angin besar baik di rumah ataupun perkebunan warga.

Manfaat kincir air dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai jalur irigasi. Kincir air juga dapat digunakan untuk membuat jalur irigasi. Air yang berasal dari roda kincir air akan mengalirkan air dan membasahi sawah yang mengalami kekeringan.
  2. Sebagai penghalus beras menjadi tepung. Di daerah nusantara ada yang menggunakan kincir air digunakan untuk menghaluskan beras. Masyarakat tersebut sering menghaluskan beras menggunakan alat tersebut. Kincir air tersebut akan berputar jika air tersebut mengalir ke roda kincir air. Setelah menjadi tepung, saluran air ditutup dan roda kincir air berhenti.
  3. Sebagai sumber energi listrik. Kincir air dapat menghasilkan listrik. Ketika air mengalir akan menggerakkan roda kincir air. Berputarnya roda kuncir air akan menghasilkan listrik dari generator.
  4. Sebagai digunakan sebagai penggerak manusia sawah.

Dengan demikian manfaat kincir angin dan kincir air adalah sebagai berikut:

  1. Pembangkit listrik
  2. Energi yang ramah lingkungan
  3. Alternatif penggunaan bahan bakar fosil
  4. Sebagai jalur irigasi
  5. Sebagai sumber energi listrikspace

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button