SMP

Sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah karena . . .

Sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah karena . . .

Pembahasan

Plastik merupakan material yang tidak bisa terdekomposisi secara alami (non biodegradable) sehingga setelah digunakan, material yang berbahan baku plastik akan menjadi sampah yang sulit diuraikan oleh mikroba tanah dan akan mencemari lingkungan. Materi yang tidak terurai ini kemudian menjadi racun bagi makhluk hidup di sekitarnya, termasuk manusia. Jika sampah kantong plastik dibuang atau dibiarkan di tanah, maka kantong plastik tersebut lambat laun akan mengganggu kesuburan tanah karena zat kimia yang terkandung didalam kantong plastik dapat merusak tanah.

Selain itu kantong plastik tersebut tidak akan hancur didalam tanah hingga jangka waktu 80 – 200 tahun sehingga dapat mengganggu penyerapan air dan mengganggu pertumbuhan
tanaman. Jika sampah kantong plastik dibakar, akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi. Asap dari hasil pembakaran sampah-sampah itu pun akan menambah kadar gas rumah kaca di atmosfer yang menyebabkan global warming.

Jadi, sampah plastik menimbulkan pencemaran tanah karena tidak dapat diuraikan oleh mikroba tanah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button