SMP

Apa yang dimaksud dengan ovipar, vivipar, dan ovovivipar? Kemudian, sebutkan contoh hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar!

Apa yang dimaksud dengan ovipar, vivipar, dan ovovivipar?
Kemudian, sebutkan contoh hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar!


Pembahasan

Ovipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur. Ovipar berasal dari kata ovum yang berarti telur. Dalam cara berkembang biak ini, perkembangan janin (embrio) dalam telur hingga menetas terjadi di luar induk betinanya. Jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur, antara lain unggas (bangsa burung), ikan, katak (amfibi), dan serangga.

Vivipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan. Hewan yang melahirkan juga mempunyai telur, yaitu sel telur (ovum). Ovum tidak dilengkapi oleh kuning telur dan putih telur sebagai cadangan makanan dan tidak dibungkus oleh cangkang (kulit telur yang keras)Telur yang ada juga tidak dikeluarkan dari tubuh hewan betina. Hewan yang melahirkan adalah bangsa mamalia, seperti sapi, kucing, kambing, anjing, dan lumba-lumba.

Ovovivipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur dan melahirkan. Dalam cara berkembang biak ini, janin (embrio) tumbuh di dalam telur yang berada di dalam induk betina. Selanjutnya, ketika embrio sudah tumbuh sempurna, induk betina melahirkan anaknya.
Contoh hewan yang mengalami ovovivipar adalah kadal, ikan hiu, dan beberapa jenis ular.space space

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button