SMA

Jelaskan mengapa sel dikatakan satuan unit terkecil penyusun tubuh makhluk hidup!

Jelaskan mengapa sel dikatakan satuan unit terkecil penyusun tubuh makhluk hidup! 

Pembahasan

Dalam biologi, sel merupakan kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup. Sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan sebagian besar reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan berlangsung di dalam sel.

Sel berkembang biak dengan cara membelah diri (secara mitosis). Selain itu sel juga mengandung materi genetik, yaitu materi penentu sifat-sifat makhluk hidup, maka sifat makhluk hidup dapat diwariskan kepada keturunannya.

Sel itu terdiri dari beberapa bagian, dan bagian-bagian sel inilah yang dinamakan dengan struktur sel. Struktur sel ada membran sel, dinding sel, dan protoplasma. Di protoplasma terbagi lagi menjadi 3 bagian, yaitu nukleus, sitoplasma, dan sitoskeleton.

Sel dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu eukariot dan prokariot. Tipe sel eukariot merupakan sel yang memiliki membran inti sel. Sementara prokariot dikenal sebagai sel yang tidak memiliki membran inti.

Sel merupakan unit (satuan, zarah) terkecil dari makhluk hidup yang dapat melaksanakan kehidupan. Sel disebut sebagai unit terkecil karena sudah tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil yang dapat berdiri sendiri. Oleh karena itu, sel disebut juga sebagai satuan fungsional makhluk hidup.

Dengan demikian, karena sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan sebagian besar reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan berlangsung di dalam sel.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button