SMA

Senyawa ZnO memiliki nama?

Senyawa ZnO memiliki nama?

A. Seng oksidaundefined

B. Seng(I) oksidaundefined

C. Seng(II) oksidaundefined

D. Zink(I) oksidaundefined

E. Zink(II) oksidaundefined

Pembahasan

Oleh karena O terletak pada golongan VIA, jika bermuatan akan membentuk ion begin mathsize 14px style O to the power of 2 minus sign end style (ion oksida). Terbentuknya muatan 2begin mathsize 14px style minus end style karena awalnya unsur O memiliki 6 elektron valensi (golongan VIA). Untuk mencapai kestabilan 8 elektron, maka dibutuhkan 2 elektron lagi. Dengan alasan itulah ion oksida bermuatan 2begin mathsize 14px style minus end style dan dilambangkan dengan ion begin mathsize 14px style O to the power of 2 minus sign end style.

Persamaan ionisasi senyawa ZnO adalah sebagai berikut.
begin mathsize 14px style Zn O yields Zn to the power of 2 plus sign and O to the power of 2 minus sign end style
Ion begin mathsize 14px style Zn to the power of 2 plus sign end style artinya ion seng memiliki biloks = +2.

Penamaan sistematik kation golongan transisi dipengaruhi oleh bilangan oksidasi setiap ion-ionnya. Bilangan oksidasi ini dapat dilihat dari muatan ionnya. Biloks ditulis dengan menggunakan angka Romawi. Penggunaan angka Romawi hanya berlaku pada ion logam yang dapat memiliki lebih dari 1 macam biloks.

Nama dari unsur Zn adalah seng. begin mathsize 14px style Zn to the power of 2 plus space end exponent end stylememiliki bilangan oksidasi +2 (dilihat dari muatan ionnya), maka nama sistematiknya adalah ion seng. Angka Romawi tidak perlu ditulis karena ion seng hanya memiliki 1 macam biloks (dapat membentuk undefined  saja).

Dengan demikian, nama senyawa ZnO adalah seng oksida.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button