SMA

Tulis dan jelaskan masalah mengenai status kewarganegaraan beserta contohnya?

Tulis dan jelaskan masalah mengenai status kewarganegaraan beserta contohnya?

Pembahasan

Setiap negara yang berdaulat berhak menentukan sendiri syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi warga negara tersebut. Namun demikian, dalam ilmu pengetahuan dikenal dua asas utama dalam menentukan kewarganegaraaan, yaitu :

1. Asas ius soli atau asas daerah kelahiran atau teritorial Adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan tempat kelahirannya, tanpa memperhatikan kewarganegaraan orang tuanya. Contoh: si A dilahirkan di negara Amerika Serikat yang menganut asas ius soli, sedangkan orang tuanya berkewarganegaraan Indonesia. Akibatnya, si A menjadi warga negara Amerika Serikat karena si A berkewarganegaraan Amerika Serikat, maka putuslah hubungan si A dengan negara Indonesia.

2. Asas Ius Sanguinis atau asas keturunan atau asas pertalian darah. Yaitu asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan kewarganegaraan orang tuanya. Contoh: si A dilahirkan di negara tiongkok yang menganut asas ius sanguinis, orang tua si A berkewarganegaraan tiongkok, maka secara otomatis si A menjadi warga negara tiongkok.

Masalah kewarganegaraan

1. Bipatride Memiliki dua kewarganegaraan atau rangkap. Contoh: Si A warga negara RRC melahirkan anaknya di wilayah negara Amerika Serikat, anak itu akan menjadi bipatride karena baik RRC (menganut asas ius sanguinis) maupun amerika serikat (menganut asas ius soli) akan mengakui anak itu sebagai warga negara nya.

2. Apatride Tidak memiliki kewarganegaraan. Contoh : si B warga negara negara Amerika Serikat melahirkan anak di negara Tiongkok, maka anak tersebut menjadi Apatride.

Jadi, masalah status kewarganegaraan adalah Bipatride (memiliki kewarganegaraan ganda) dan Apatride (tidak memiliki kewarganegaraan).

Semoga membantu

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button