SMA

Migrasi bangsa Proto Melayu tersebut menyebabkan?

Migrasi bangsa Proto Melayu ke Kepulauan Indonesia terjadi setelah migrasi bangsa Melanesia. Migrasi bangsa Proto Melayu tersebut menyebabkan ….

A. Penduduk asli Kepulauan Indonesia tergeser ke bagian timur

B. Penduduk asli Indonesia mulai mengenal sistem barter

C. Penduduk asli Indonesia mulai mengenal alat transportasi laut

D. Bangsa Melanesia mulai terdesak dan menyingkir ke pedalaman

E. Terjadi percampuran kebudayaan dengan budaya penduduk asli

Pembahasan

Diketahui bahwa salah satu nenek moyang bangsa Indoensia adalah bangsa Proto Melayu. Proto Melayu (Melayu Tua) tersebar dari Madagaskar hingga Pasifik, mereka diperkirakan berasal dari Cina bagian selatan. Kedatangan mereka diperkirakan terjadi pada sekitar 3.000 tahun SM. Ras Proto Melayu ini memiliki ciri-ciri berambut lurus, kulit berwarna kuning kecoklat-coklatan, serta bermata sipit. Mereka datang dengan dua jalur, yaitu jalur Barat dan jalur Timur. Jalur Barat yang dimulai dari Yunnan (Cina bagian Selatan) dengan membawa kebudayaan kapak persegi. Sementara itu, Jalur Timur yang dimulai dari Kepulauan Ryukyu Jepang dengan membawa kebudayaan kapak lonjong.

Kedatangan bangsa Proto Melayu memungkinkan terjadinya percampuran darah dengan bangsa asli Indonesia dan juga bangsa Melanesia yang telah terdahulu mendiami kepulauan Indonesia. Bangsa Melanesia yang tidak bercampur dengan bangsa Proto Melayu terdesak ke pedalaman.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button