SMA

Proses kedatangan nenek moyang Bangsa Indonesia terjadi secara bertahap. Ceritakan mengenai proses gelombang kedatangan nenek moyang ke Nusantara!

Proses kedatangan nenek moyang Bangsa Indonesia terjadi secara bertahap. Ceritakan mengenai proses gelombang kedatangan nenek moyang ke Nusantara!

Pembahasan

Diketahui bahwa kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia terjadi secara bertahap dengan dimulai dari gelombang pertama, yakni kedatangan ras Proto Melayu hingga ras Melanesoid. Berikut ini gelombang kedatangan nenek moyang ke Nusantara.

  1. Kedatangan ras Proto Melayu : Proto Melayu atau Melayu Tua berasal dari Yunan wilayah Asia bagian Selatan. Mereka bermigrasi ke Kepulauan Indonesia sekitar 1500 SM. Bangsa Proto melayu awalnya bermigrasi ke wilayah Indo-Cina dan Siam yang meliputi wilayah Myanmar, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Siam. Setelah itu, barulah mereka bermigrasi ke wilayah Kepulauan Indonesia. Bangsa Proto Melayu memasuki wilayah Indonesia melalui dua jalan, yakni jalan Barat dan jalan Timur. Jalan Barat dari Semanjung Malaka ke Sumatera dan selanjutnya menyebar ke beberapa kawasan di Indonesia dengan membawa kebudayaan kapak persegi. Jalan timur dari Semananjung Malaka ke Filipina dan Minahasa, serta selanjutnya menyebar ke beberapa kawasan di Indonesia dengan membawa kebudayaan kapak lonjong.
  2. Kedatangan ras Deutro Melayu : Bangsa Deutro Melayu atau Melayu Muda merupakan nenek moyang bangsa Indonesia yang datang pada tahun 300 SM, melalui rute dari Yunan (Teluk Tonkin), Vietnam, Malaysia, hingga ke Nusantara. Adapun penyebarannya kemudian di Nusantara, Deutro Melayu kelak berkembang menjadi suku-suku seperti Bugis, Sunda, Jawa, Madura, Minang, Makassar dan Melayu.
  3. Kedatangan ras Melanesoid : ras ini berasal dari Jawa yakni jenis manusia Proto Melanesia. Dengan manusia pendukungnya, yaitu manusia wajak (Homo wajakensis) yang tersebar ke Timur dan menduduki Papua pada masa sebelum zaman es berakhir dan sebelum kenaikan permukaan air laut. Kedatangan ras Melanesoid ke kepulauan Indonesia berawal saat zaman es terakhir, yaitu tahun 70.000 SM. Pada saat itu, kepulauan Indonesia belum berpenghuni. Bangsa Melanesoid melakukan perpindahan ke Timur hingga ke Papua, kemudian ke benua Australia yang sebelumnya terhubunga dengan Papua. Ras ini tersebar di lautan pasifik di pulau-pulau yang letaknya sebelah Timur Irian dan benua Australia. Di Indonesia, ras ini tersebar di Papua Barat hingga Nusa Tenggara Timur.

Dengan demikian, gelombang kedatangan nenek moyang ke Nusantara dimulai dari ras Proto Melayu, Deutro Melayu, hingga Melanesoid.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button