SMA

Jika pendapat pertama menyatakan bahwa ras Melanesoid berasal dari Afrika, pendapat kedua menyatakan bahwa ras Melanesoid justru berasal dari Indonesia, tepatnya mereka merupakan keturunan dari?

Ada dua pendapat terkait daerah asal ras Melanesoid. Jika pendapat pertama menyatakan bahwa ras Melanesoid berasal dari Afrika, pendapat kedua menyatakan bahwa ras Melanesoid justru berasal dari Indonesia, tepatnya mereka merupakan keturunan dari?

Pembahasan

Teori yang mengatakan bahwa ras Melanesoid berasal dari Indonesia adalah, pendapat dari Moh. Yamin. Dalam teorinya, ia mengatakan bahwa manusia Indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Sehingga ras Melanesoid di Indonesia, yang telah ada sejak zaman Paleolitikum hingga sekarang pun juga merupakan ras manusia asli dari Indonesia dan bukan dari daerah lain.

Moh. Yamin berpendapat bahwa manusia asli Indonesia, termasuk ras Melanesoid, berasal dari keturunan yang sama, yaitu Homo Soloensis dan Homo Wajakensis. Pendapat tersebut, didasarkan pada bukti berikut :

  1. Fosil manusia purba lebih banyak ditemukan di Indonesia daripada di wilayah lain
  2. Fosil Homo Soloensis dan Wajakensis tidak ditemukan di wilayah lain
  3. Manusia purba Indonesia hidup sezaman dengan manusia Sinanthropus Pekinensi dari Cina.

Jadi, teori kedua mengenai asal ras Melanesoid di Indonesia berpendapat bahwa, ras Melanesoid berasal dari Indonesia sendiri, tepatnya keturunan  dari Homo Wajakensis dan Homo Soloensis.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button